Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Membangun Tradisi Keilmuan

Rabu, 19 Februari 2020 | 17:34 WIB
Oleh :
Foto :
  • vstory
pusat studi, universitas Islam

VIVA – Sebelum Nabi Muhammad SAW datang untuk menyebarkan agama Islam, bangsa Arab tenggelam dalam tradisi dan agama nenek moyang. Bangsa di jazirah itu sedang ditimpa kemerosotan agama yang drastis. Penyakit moral dan penyakit sosial meruntuhkan akhlak dan menghancurkan masyarakat serta sendi-sendi kehidupan mereka yang lain.

Akhirnya, bangsa itu terjerumus ke dalam kehidupan jahiliyah yang paling buruk, jauh dari nilai agama yang benar. Namun, setelah Rasulullah SAW datang sebagai sang revolusioner sejati, Rasulullah mengikis berbagai hal jahiliyah dengan ilmu pengetahuan berupa wahyu.

Baca Juga

Tradisi keilmuan yang dicetuskan Rasulullah pada akhirnya telah menjadikan manusia beradab, mengerti mana yang benar dan mana yang salah.

Secara historis, tradisi keilmuan dalam Islam dimulai dari pemahaman terhadap Alquran Firman Allah yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW secara berturut-turut.

Perintah “Bacalah dengan nama Tuhanmu yang menciptakan” mengandung arti bahwa kita diperintahkan untuk membaca, dalam artian belajar. Tidak sebatas membaca, namun semua yang kita baca atau yang kita lihat harus kita hubungkan dengan Tuhan.

Berkaca pada tradisi keilmuan pada masa kini, dimulai dari peradaban membaca dan menulis yang konon sangat diterapkan oleh Rasulullah dan para sahabatnya. Tampaknya kecintaan manusia terhadap ilmu telah terkikis sedikit demi sedikit. Karena keadaan inilah, maka perlu gagasan atau ide untuk membangun kembali tradisi keilmuan Islam yang luntur.

Dalam konteks umat Islam saat ini, yang pertama-tama diperlukan adalah membangun tradisi keilmuan Islam yang serius. Pembangunan yang dimaksudkan baik dalam bentuk pusat studi, atau universitas Islam yang khas. Diantaranya ialah dengan merespons tantangan keilmuan kontemporer dan menjelaskan ulang konsep-konsep dasar Islam yang relevan untuk kebutuhan umat masa kini.

Tantangan umat Islam

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler