Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Mengintip Kehidupan Muslim di Kutub Utara, Perjuangan Ibadah di Bawah 0 °C

Kamis, 30 April 2020 | 11:15 WIB
Oleh :
Foto :
  • vstory
Inilah Midnight Sun Mosque, masjid paling utara di bumi | gambar: silahkanSHARE.com

VIVA – Umat muslim di Kutub Utara punya kehidupan berbeda dengan umat muslim di bagian bumi lain. Mereka berjuang untuk beribadah meski suhunya di bawah 0 derajat.

Umat muslim tersebar di berbagai negara. Ada yang di kawasan tropis, negeri empat musim sampai di dekat wilayah kutub. Tiap negara yang didiami umat muslim pun memiliki banyak perbedaan. Beberapa dari mereka menjadi mayoritas, beberapa lainnya menjadi minoritas.

Baca Juga

Bagi kita yang di Indonesia sudah tak asing dengan kehidupan umat muslim. Azan berkumandang di mana-mana, setiap hari selama 5 waktu. Di bulan Ramadan, suasana puasa begitu berasa dengan rumah makan yang ditutupi tirai di siang hari.

Lantas, pernahkah Anda berpikir tentang kehidupan umat muslim di belahan bumi lain. Atau mungkin yang ini jarang terbesit di benak orang-orang, apakah ada umat muslim yang hidup di dekat Kutub Utara?

Jawabannya, iya, ada. Dari informasi yang dikutip dari detikTravel, [30/6/16] setidaknya ada dua kota yang ditempati umat Muslim dan lokasinya dekat dengan Kutub Utara, yang jaraknya hanya hitungan ratusan kilometer dari Lingkar Arktik (suatu garis imajiner penanda kawasan Kutub Utara)

Dua kota itu adalah Kota Norilsk di Rusia dan Kota Inuvik di Kanada. Norilsk berjarak 402 km dari Lingkar Arktik, sedangkan Inuvik lebih dekat jaraknya 200 km. Jarak yang terbilang cukup dekat dari Kutub Utara, yang ditandai dengan suhu di dua kotanya mencapai minus puluhan derajat Celcius!

Sedikit sejarah soal Islam di Norilsk dan Inuvik, Islam di dua kotanya didatangkan oleh para pendatang dari Mesir, Siberia, Azerbaijan dan negara-negara Aisa Tengah. Mereka datang untuk bekerja, serta tetap memegang teguh ajaran Islam. Meski jumlahnya minoritas, mereka tidak berkecil hati.

Read more...
Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler