Berdoa Setelah Lakukan Salat itu Wajib Dilakukan

Gambar doa setelah sholat
Sumber :
  • vstory

VIVA – Ketika kita mengerjakan salat baik fardu maupun sunah, terdapat bacaan doa setelah yang harus dikerjakan. Masing-masing salat memiliki doa yang berbeda-beda. Khusus salat fardu, kita bisa membaca doa yang sama pada setiap salatnya.

Namun untuk salat sunah, terdapat doa tersendiri. Pembacaan doa ini adalah salah satu bentuk permohonan kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala.

Hukum Bacaan Setelah Salat
Berdoa bukan bersifat wajib, namun dianjurkan untuk dibaca ketika selesai mengerjakan salat. Jadi, sebaiknya kita tidak langsung beranjak dari tempat salat ketika sudah selesai.

Duduklah terlebih dahulu dan berdoalah kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala. Dengan harapan, doa yang kita panjatkan bisa segera dikabulkan. Bacaan doa setelah salat wajib dan sunah masih banyak yang mempertanyakan tentang hukumnya.

Berdoa setelah salat merupakan amaliah yang baik untuk dipraktikkan. Walaupun bukan bersifat wajib, namun berdoa juga dicontohkan oleh Nabi Muhammad Salallahu ‘Alaihi Wasallam sebagai amaliah, maka kita boleh tidak melakukannya, namun akan lebih baik jika menjalankannya.

Nabi Muhammad Salallahu ‘Alaihi Wasallam juga mempraktikkan doa setelah salat ini sesuai dengan Hadis Riwayat Abu Daud, Imam Ahmad, dan An-Nasa’i berikut “Sesungguhnya amaliah berdoa setelah salat fardu tidak ada masalah.”

Sungguh benar, bahwa Nabi Muhammad Salallahu ‘Alaihi Wasallam memerintahkan Muadz bin Jabal untuk tidak meninggalkan tempat salat. Dan setiap selesai salat fardu membaca : “Ya Allah, tolonglah aku untuk ingat kepadamu, mensyukurimu dan baik dalam ibadah kepadamu.”

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.