Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Pilkada

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Naik Haji Usia Muda, Jadi Tren Saat Ini

Selasa, 13 Oktober 2020 | 17:27 WIB
Oleh :
Foto :
  • vstory
Umroh keluarga (foto dok Nur Terbit)

VIVA – Naik haji tentu adalah angan-angan setiap muslim. Namun apa daya untuk situasi saat ini. Selain sulitnya ekonomi keluarga, juga adanya pandemi Covid-19 yang mengharuskan orang bekerja dari rumah, atau menganggur sama sekali.

Padahal seperti kita ketahui, naik haji bagi orang yang mampu, merupakan rukun Islam kelima. Namun sekalipun sudah mampu dari segi ekonomi, masih ada kendala lain yakni harus mengikuti prosedur. Ikut daftar tunggu atau "waiting list" hingga 20 tahun ke depan.

Baca Juga

Untungnya, ada program kerjasama Kementerian Agama dengan pihak perbankan yang kini jadi trend di kalangan generasi milenial. Yaitu menyusun program sejak dini untuk meraih status "Haji Muda" melalui tabungan haji.

Menyadari kendala usia yang sudah "kolonial" ini, saya dan istri yang Alhamdulillah memang sudah pernah menunaikan umrah (ibadah di luar musim haji), akhirnya sepakat mempersiapkan putra-puteri kami untuk berangkat haji dengan program tabungan haji salah satu bank syariah.

Seperti kita ketahui bahwa untuk menunaikan rukun Islam kelima ini dituntut kesiapan fisik dan usia muda. Sehingga lebih baik mempersiapkan diri atau mendaftarkan diri sebagai calon haji sejak usia masih muda (milenial). Pasalnya pelaksanaan rukun haji dan kegiatan sehari-hari di Arab memerlukan kekuatan fisik.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler