6 Fakta Hari Valentine yang Perlu Kamu Ketahui

Valentine
Sumber :
  • vstory

VIVA – Februari identik dengan bulan cinta dan kasih sayang, tepatnya pada 14 Februari. Banyak orang yang merayakan Hari Valentine atau yang biasa disebut hari kasih sayang.

Pada tanggal ini semua orang akan mencoba untuk mengekspresikan perasaan mereka dan bersama orang yang mereka cintai. Di dunia barat itu sendiri, Hari Valentine adalah suatu keharusan yang dirayakan terutama dengan orang yang dicintai. Namun Hari Valentine ini sebenarnya terkait dengan berbagai kisah sedih dan legenda yang masih belum jelas.

1. Disimbolkan Hati

Lambang hati via https://pixabay.com

Banyak orang pasti bertanya-tanya mengapa Hari Valentine dilambangkan dengan simbol hati. Sebenarnya penggunaan simbol hati pada Hari Valentine adalah karena dianggap sebagai salah satu simbol jiwa murni manusia yang selalu hidup di hati.

Sedangkan warna merah dipilih karena itu adalah warna yang dianggap paling romantis. Simbol ini melambangkan bahwa Hari Valentine tidak harus bersama kekasih. Tetapi selama orang itu adalah orang yang Anda cintai, Hari Valentine dapat dirayakan bersama. Selain itu, simbol hati menandakan perasaan yang disimpan dengan tulus dan diungkapkan menggunakan salam Hari Valentine.

2. Cokelat Valentine

Cokelat valentine via https://pixabay.com

Fakta Hari Valentine selalu identik dengan cokelat, ini merupakan inisiasi dari seorang Richard Cadbury yang memperkenalkan sekotak cokelat pada tahun 1868 untuk diberikan pada kekasihnya. Richard Cadbury juga dengan sengaja membuat sebuah cokelat edisi spesial untuk Hari Valentine.

Ada sebuah legenda yang mengatakan, bahwa pemberian cokelat dimulai dari budaya Eropa. Mereka memberikan cokelat sebagai kado  khusus untuk orang yang dicintai di tahun 1415 dan berlanjut hingga sekarang.

3. Mitos Valentine

Sepasang kekasih via https://pixabay.com

Fakta Hari Valentine berikutnya yang harus diketahui adalah mitos atau kepercayaan pada Abad Pertengahan. Orang-orang yang masih lajang dan dari lawan jenis yang pertama kali bertemu pada 14 Februari, diyakini sebagai pasangan atau jodoh.

Selain itu ada mitos lain yang berkembang pada Hari Valentine, yaitu jika Anda melihat seekor burung pipit terbang pada hari itu maka ia akan menikahi seorang pelaut. Sedangkan jika Anda melihat burung gagak maka dia akan menikah dengan pria yang miskin. Tetapi banyak orang yang berharap melihat burung goldghin, karena mitos jika melihat burung itu akan menikah dengan pria kaya.

4. Bunga Valentine

Buket Bunga via https://www.bebasbayar.com/

Fakta Hari Valentine selanjutnya yang perlu diketahui terkait dengan bunga Valentine. Umumnya ketika hari cinta ini tiba, banyak pasangan yang mengungkapkan perasaan mereka. Berdasarkan penelitian, pada Hari Valentine ada beberapa data yang mereka dapatkan tentang minat. Di antaranya adalah sekitar 85 persen pasangan di dunia yang membawa bunga pada Hari Valentine.

Sementara penelitian lain mengatakan hampir 73 persen bunga dipikul oleh pria. Sedangkan 23 persen dibawa oleh perempuan untuk diri mereka sendiri. Fakta tersebut membuat terkejut, sebab umumnya Hari Valentine dirayakan bersama pasangan.

5. Mawar

Mawar merah via https://pixabay.com

Mungkin sebagian dari Anda banyak bertanya, mengapa bunga yang diberikan pada Hari Valentine harus berupa mawar merah atau mawar putih. Sebenarnya ini kembali ke legenda yang menyatakan bahwa mawar adalah bunga favorit Venus, Dewi Cinta. Sementara mawar juga sering dianggap sebagai simbol perasaan cinta yang kuat.

Begitu banyak orang memutuskan untuk memberi mawar warna merah yang baik sebagai simbol perasaan bergairah atau putih sebagai perasaan yang melambangkan perasaan tulus. Tetapi ketika Hari Valentine tiba, impor mawar merah skala besar akan dilakukan terutama di Amerika Serikat sampai mengkonsumsi bahan bakar yang sangat besar dalam proses impor.

6. Hadiah Cinta

Kado via https://pixabay.com

Hari Valentine identik dengan hari kasih sayang atau bahkan hari kasih sayang. Tapi tahukah Anda bahwa hadiah cinta paling fantastis adalah keajaiban dunia Taj Mahal di India? Taj Mahal sengaja dibangun oleh Kaisar Mughal sebagai peringatan kepada istrinya yang telah meninggalkannya terlebih dahulu.

Itu juga merupakan bangunan kasih sayang yang tidak akan pernah dilupakan istrinya dan kisah kasih mereka bisa menjadi bangunan abadi. Taj Mahal masuk ke dalam bangunan keajaiban dunia yang menandakan kemewahan dan kehebatan arsitek saat itu.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.