Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Insight

Informasi

Melihat Kebudayaan Indonesia pada Film Raya and the Last Dragon

Senin, 26 Juli 2021 | 05:29 WIB
Oleh :
Foto :
  • vstory
Poster Film Raya and the Last Dragon.

VIVA – Walt Disney Animation Studios memproduksi film animasi pertama yang terinspirasi oleh beragam budaya Asia Tenggara termasuk Indonesia yang berjudul Raya and the Last Dragon. Pada sepanjang petualangan raya mencari naga terakhir, penonton disuguhkan tampilan audio-visual dari berbagai suasana khas Asia Tenggara.

Dikenal akan kekayaan budaya serta keindahan alamnya, beberapa negara Asia Tenggara tersebut digabungkan ke dalam satu cerita. Mulai dari motif, warna, arsitektur, makanan hingga nilai kebiasaan serta adat istiadat kehidupan sehari-hari masyarakat Asia Tenggara hadir di film Raya and the Last Dragon garapan Disney.

Baca Juga

Film yang tayang pada Maret lalu ini sebelumnya disiapkan selama beberapa tahun terakhir. Agar mendapatkan unsur kebudayaan yang terlihat nyata dan maksimal, para pembuat film melakukan riset ke enam negara di Asia Tenggara, yaitu Indonesia, Malaysia, Thailand, Kamboja, Vietnam, Laos dan Singapura.

Budaya Indonesia dalam Film Raya and the Last Dragon

Seniman asal Indonesia, Griselda Sastrawinata ikut terlibat sebagai visual development artist bersama Luis Logam sebagai story artist pada film Raya and the Last Dragon. Dilansir dari ANTARA, beberapa tokoh pegiat budaya yaitu Dewa Berata dan Emiko Susilo pun turut serta terlibat dalam film ini. Menjadi bagian dari tim konsultan, keduanya dikhususkan pada bagian budaya Indonesia seperti tari, upacara tradisional hingga musik gamelan.

Dalam proses produksi filmnya, sekelompok ahli ikut andil membantu dalam memberikan wawasan budaya serta adat dari tiap negara yang terdiri dari antropolog, arsitek, linguis, penari hingga pemain musik tradisional.

Dilansir dari detik.com, film yang disutradarai Carlos López dan Don Hall ini menyuguhkan baik visual maupun audio yang tak asing bagi masyarakat Indonesia, antara lain:

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler