Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Insight

Informasi

Manfaat Mendengarkan Podcast pada Masa Pandemi Covid-19

Selasa, 24 Agustus 2021 | 08:54 WIB
Oleh :
Foto :
  • vstory
Podcast

VIVA – Di era digital saat ini, podcast merupakan media yang tak asing di kalangan kaum masa kini terutama pada masa pandemi ini. Podcast sebagai inovasi audio digital memiliki kedudukan yang cukup populer di seluruh dunia, dapat didengarkan secara online melalui aplikasi seperti Spotify, Anchor, Google Podcast, I podcast dan lain sebagainya. 

Podcast merupakan file audio digital yang dibuat kemudian diunggah ke platform online untuk dibagikan dengan orang lain. Para pendengar podcast dapat mengakses audio  secara langsung dari gawai maupun laptop mereka secara online. Podcast juga dapat diunduh terlebih dahulu sehingga dapat didengarkan saat pengguna berada dalam mode luar jaringan.
 
Podcast sebagai alternatif media pembelajaran di era pandemi merupakan salah satu pilihan tepat untuk membantu mengatasi permasalahan dalam pembelajaran jarak jauh. Media podcast merupakan media yang praktis dan fleksibel, tidak terikat oleh jarak dan waktu.

Baca Juga

Podcast juga memungkinkan peserta didik untuk mendengarkan materi secara berulang-ulang, sehingga lebih efektif  untuk memahami materi. Didukung dengan penyampaian materi oleh pendidik (guru dan dosen) yang memiliki kekhasannya masing-masing dalam hal suara dan gaya mengajar, hal ini membuat peserta didik merasa lebih dekat dan nyaman mendengarkan materi seperti halnya pembelajaran tatap muka.
 
Komunikasi massa sangat berperan penting bagi perkembangan dan pemanfaatan teknologi pada masa pandemi karena banyaknya peningkatan pengguna internet saat ini. Terutama untuk pembelajaran yang tidak dapat bertatap muka, maka dari itu kita harus memanfaatkan media yang sudah disediakan dengan baik salah satunya adalah dengan cara mendengar podcast untuk mendapat ilmu tambahan selain di sekolah.
 
Berikut adalah beberapa manfaat mendengarkan Podcast pada masa pandemi :
 
1.     Memberikan stimulasi otak yang sama dengan membaca buku.

Berdasarkan hasil penelitian Sage Publication yang dikutip dari Entrepreneur, mendengarkan podcast memberikan rangsangan yang sama dengan membaca membaca buku.Mendengarkan podcast merangsang otak untuk menerima informasi dengan cara yang sama dengan membaca buku.

Selain itu, mendengarkan podcast merangsang otak menghasilkan gambar yang lebih jelas dalam pikiran, jauh lebih cepat dan mudah daripada dalam bentuk buku. Hal ini membuatmu akan terasa lebih terangsang secara emosional dan tertarik pada cerita atau narasi dari podcast tersebut.
 
2.     Mendapatkan pengetahuan baru.

Manfaat podcast tidak hanya menjadi sarana hiburan, tetapi juga sumber informasi yang bagus. Melalui rekaman audio ini, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi yang bisa digunakan untuk membantu dalam kehidupan sehari-hari.

Ada banyak podcast yang memiliki segmen diskusi dengan menghadirkan berbagai ahli. Hal ini membuat informasi yang kamu dapatkan bukanlah sekedar opini. Ada berbagai genre podcast yang bisa kamu dengarkan. Kamu bisa menemukan podcast tentang keuangan hingga informasi dan tips seputar gaya hidup mindfulness.
 
3.     Membantu mengembangkan diri.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler