Bawang Putih Tunggal Bangkitkan Gairah Seks Pria, Mitos atau Fakta?

Ilustrasi bawang putih tunggal
Sumber :
  • vstory

Bawang putih tunggal atau solo garlic di Amerika telah digunakan sejak lama karena mengandung manfaat yang baik untuk kesehatan. Baik untuk kesehatan wajah, kulit, kuku, rambut hingga organ dalam tubuh.

Namun ternyata masih banyak beredar mitos seputar manfaat bawang putih tunggal bagi tubuh di masyarakat. Salah satunya adalah dapat mengatasi influenza.

“Itu mitos, kita harus tahu penyebab influenza karena banyak jenisnya. Sebaiknya konsultasi ke dokter,” kata dokter spesialis farmakologi, dr. Tulus, SpFK dalam acara Ayo Hidup Sehat di tvOne, Selasa, 12 Maret 2019.

Namun dia menekankan bahwa bawang putih tunggal dapat mencegah influenza karena mengandung vitamin C dan antioksidan yang tinggi sehingga membantu tubuh tak mudah terserang penyakit. Di sisi lain, bawang putih tunggal tidak dapat mencegah terjadinya kolesterol karena belum ada penelitian soal itu, namun bawang putih mengandung zat yang punya potensi mengurangi asam urat.

Meski tak bisa mencegah kolesterol tapi bawang putih ternyata mampu menurunkan kolesterol total. “Kalau kata orang kolesterol jahat (LDL) tapi bukan kolesterol jahatnya, melainkan kolesterol total. Ini penelitian baru di tahun 2016,” kata Tulus.

Dia menjelaskan, mengonsumsi bawang putih tunggal dapat menurunkan kolesterol sebesar 13 persen bagi pria dan 10 persen pada wanita. Bukan hanya itu saja, bawang putih tunggal juga dapat mencegah seseorang terkena kanker, tapi tidak bisa menggantikan obat kemoterapi.

“Ini bisa menghambat pertumbuhan sel kanker, pada penelitian yang dilakukan pada hewan bisa hambat sel kanker karena adanya antioksidan yang tinggi dan zat alami yang bisa membunuh sel kanker,” kata dia.

Sementara bagaimana soal kabar yang menyebutkan bahwa bawang putih tunggal bisa meningkatkan gairah seksual pria? Tulus pun menepisnya. Menurut dia, belum ada penelitian yang bisa membuktikan hal tersebut.

“Belum ada penelitian, itu mitos. Tapi ada penelitian pada gen, kandungan bawang putih memperbaiki hormonal, baunya mengundang selain bau badan, bau menggairahkan,” tutur dia. (ldp)

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.