Buah-buahan Ini Ternyata Bagus untuk Dikonsumsi Penderita Stroke

Ragam Buah untuk penyakit Stroke
Sumber :
  • vstory

VIVA.co.id – Sebagaimana kita ketahui, bahwa selain penyakit jantung ada juga penyakit stroke yang sama berbahayanya jika tidak segera mendapatkan penanganan yang cepat dan tepat.

Di masa sekarang ini memang masih ada saja yang malas menerapkan pola hidup sehat, padahal demi kebaikan diri sendiri. Kondisi kesehatan yang tidak dijaga dapat menyebabkan kualitas kesehatan yang menurun dan rentan terserang penyakit. Salah satunya seperti penyakit stroke tersebut.

Bagi yang sedang mengalami stroke, selain konsumsi obat secara rutin juga disarankan untuk menjaga asupan makanan yang dikonsumsi. Selain itu, mereka juga perlu untuk konsumsi makanan yang mengandung serat guna membantu dalam penyerapan kolesterol jahat LDL yang ada pada darah.

Buah untuk penyakit stroke.

Jika kita sudah pernah mengalami stroke, maka pola makan tidak boleh sembarangan dan harus tetap terjaga nutrisinya. Salah satunya ialah dalam memilih menu makanan yang sehat, baik makanan berat maupun ringan.

Seperti halnya dengan buah. Buah untuk penderita penyakit stroke tidak bisa sembarangan karena ada juga buah yang sebaiknya dikurangi konsumsinya atau bahkan dihindari. Buah yang memang sebaiknya dihindari bagi pasien stroke seperti buah durian, cempedak, salak, dan buah duku.

Namun, ada juga buah yang baik untuk dikonsumsi para penderita penyakit stroke. Berikut di antaranya:

1. Semangka

Buah dengan kadar air yang tinggi ini cocok bagi pasien stroke karena berguna dalam mengoksidasikan kolesterol yang menempel di dinding pembuluh darah. Buah semangka sangat baik untuk dikonsumsi juga untuk mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke.


2. Jeruk

Dengan mengolah buah jeruk menjadi sebuah jus diketahui dapat bermanfaat untuk melancarkan sumbatan yang terjadi di pembuluh darah yang menuju ke otak. Buah jeruk memiliki rasa manis alami yang sangat khas dan memiliki kadar gula rendah, namun kaya akan vitamin C dan kandungan lainnya. Untuk itulah buah jeruk cocok untuk dikonsumsi bagi penderita stroke karena manfaatnya untuk melancarkan pembuluh darah.


3. Apel

Buah apel diketahui mengandung potasium serta pektin yang dapat menurunkan risiko penyakit stroke. Selain itu, ada juga kandungan lainnya yang disebut quercetin yang dapat mengatasi masalah inflamasi atau keadaan di mana terjadinya pengerasan pada pembuluh darah. Quercetin ini berperan dalam melancarkan aliran darah serta mencegah pembuluh darah yang mengeras.


4. Mengkudu

Dengan khasiatnya dalam mengontrol tekanan darah, buah mengkudu dapat menjadi salah satu makanan yang baik bagi pasien stroke. Selain itu ada juga kandungan lainnya pada buah mengkudu seperti xeronon, vitamin, dan mineral lainnya yang diyakini mampu memperbaiki fungsi tubuh sehingga cocok untuk terapi stroke.


5. Pisang

Buah pisang menjadi salah satu buah yang baik untuk dikonsumsi pasien stroke lantaran mengandung kandungan yang baik, salah satunya ialah tinggi kalium. Sebuah riset juga menunjukkan bahwa diet rendah kalium dapat meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit stroke hingga 28 persen.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.