Informasi Tentang Covid-19 Seperti Ini Perlu Diabaikan, Ternyata Salah!

Informasi Hoax
Sumber :
  • vstory

VIVA – Wabah COVID-19 diikuti oleh maraknya Hoak. Tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di seluruh dunia. Media sosial seperti Facebook, Twitter, dan grup WhatsApp tidak terkecuali menjadi sasaran empuk bagi penyebar hoax tentang virus korona.

Nah, berikut sejumlah tips kesehatan tentang virus corona yang sebenarnya salah dan tidak terbukti secara medis.

Tes virus Corona dapat dilakukan dengan menahan napas

Sebenarnya tip kesehatan ini keliru. Virus corona hanya dapat dideteksi oleh tes medis yang dilakukan di rumah sakit, tidak dapat dilakukan sendiri. Terutama oleh orang awam. Lisa Kim dari Stanford Health Care mengatakan bahwa itu adalah nasihat yang tidak perlu dilakukan.

Minum air hangat dapat membunuh virus corona

Sebenarnya tips ini baik untuk kesehatan, tetapi yang pasti tidak bisa membunuh virus corona, terutama yang sudah masuk ke tubuh. Kenapa ini terjadi? Berikut ini adalah penjelasan dari Dr. Faheem Younus, kepala penyakit menular di University of Maryland.

Mengonsumsi antibiotik dapat membunuh virus corona

Selanjutnya adalah rumor tentang antibiotik yang menurut berita dapat membunuh virus corona. Sekali lagi, kiat kesehatan ini beredar di media sosial dan aplikasi obrolan. Sumbernya tidak diketahui dari mana.

Konsumsi bawang putih baik untuk mencegah COVID-19

Sekali lagi, klaim itu sebenarnya salah. Bawang putih mampu memperlambat pertumbuhan bakteri, bukan virus. Makanan ini baik untuk kesehatan dan memiliki sifat antimikroba. Namun, tidak ada bukti medis yang dapat melawan virus corona.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.