Rahasia Sarapan Sehat, Tubuh Tidak Gampang Sakit

Singkong, salah satu menu sarapan sehat (Foto: Pixabay)
Sumber :
  • vstory

VIVA – Mendapatkan tubuh yang sehat sangat penting untuk kita miliki dalam menjalani rutinitas kehidupan yang sibuk. Dewasa ini, dengan padatnya jadwal kegiatan membuat orang mudah mengalami stres.

Belum lagi dengan pola hidup yang tidak sehat seperti merokok, makan makanan tidak bergizi, olahraga tak teratur, hingga kekurangan waktu istirahat akan sangat berbahaya bagi kesehatan. Hal tersebut dapat memicu berat badan berlebih dan timbulnya penyakit kronis di kemudian hari seperti diabetes, hipertensi, sampai penyakit kanker.

Untuk itu diperlukan upaya untuk senantiasa menjaga kesehatan tubuh. Salah satunya adalah memulai dengan sarapan sehat, di antaranya dengan mengonsumsi singkong rebus di pagi hari. Selain dapat mengenyangkan, singkong rebus juga mengandung beragam nutrisi yang baik untuk tubuh.

Tahukah kita, menu sarapan ini sudah sejak lama dipraktikkan oleh orang tua di masa lalu. Hal itu membuat mereka tidak mudah sakit. Dilansir dari berbagai sumber, berikut manfaat mengkonsumsi singkong di pagi hari.

1. Kaya Serat dan Karbohidrat

Singkong kaya akan karbohidrat kompleks dan serat. Keduanya dapat memelihara tubuh dari gangguan pencernaan dan mencegah terjadinya peradangan. Selain itu, singkong juga disebut dapat mengatur kadar gula darah.

2. Kandungan Antioksidan

Antioksidan dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas yang dapat memicu penyakit kronis nantinya seperti jantung dan kanker. Singkong memiliki kandungan vitamin C dan A yang yang berfungsi sebagai antioksidan. Selain itu, juga terdapat betan-karoten yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh serta menjaga kesehatan kulit dan mata. 

3. Sumber Energi

Dalam 100 gram singkong mengandung kalori yang cukup tinggi. Dengan kalori yang cukup akan membantu kita dalam menjalani rutinitas harian yang sibuk. Selain singkong, umbi lain yang memiliki kalori tinggi adalah kentang. Untuk itu sangat pas, mengkonsumsi singkong rebus sebagai menu sarapan harian. 

Ustadz Zaidul Akbar menambahkan dalam salah satu video singkat ceramahnya bahwa singkong rebus sangat bermanfaat dikonsumsi sebagai menu sarapan. Singkong yang direbus memiliki kandungan baik sebagai sumber energi dan membuat tubuh tidak mudah sakit.

"Orang tua kita dulu sarapannya apa? Singkong. Dimakan pake apa? Sambel. Sambel enzimnya, singkong karbohidratnya. Sehat!" jelas Ustad Zaidul Akbar. 

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.