Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Tingkatkan Imunitas selama Pandemi COVID-19 dengan Aktivitas Fisik

Sabtu, 8 Agustus 2020 | 14:42 WIB
Oleh :
Foto :
  • vstory
Sekelompok mahasiswa tersebut telah memberikan edukasi tentang kegiatan produktif yang dapat dilakukan selama pandemi Covid-19

VIVA – Kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan tubuh pada masa pandemi Covid-19 ini membuat sejumlah orang memilih joging dan bersepeda sebagai pilihan olahraga outdoor di kala pagi dan sore hari.

Beberapa hal yang harus dipatuhi ketika beraktivitas di luar rumah di antaranya selalu menggunakan masker, membiasakan cuci tangan sebelum dan setelah beraktivitas, dan tetap menjaga jarak minimal 1 meter.

Baca Juga

Hal ini dikarenakan aktivitas olahraga di luar rumah seperti di tempat umum, membuat seseorang sulit menghindari peluang berkelompok dengan orang lain, sehingga seseorang akan memiliki risiko tinggi terhadap paparan Covid-19, terlebih jika dilakukan di daerah yang memiliki angka positif Covid-19 yang cukup tinggi.

Hal inilah yang kemudian mendasari kegiatan edukasi atau penyuluhan yang dilakukan oleh sekelompok mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang yang tergabung dalam Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM-UMM) kelompok 19.

Sekelompok mahasiswa tersebut telah memberikan edukasi tentang kegiatan produktif yang dapat dilakukan selama pandemi Covid-19 kepada warga Desa Peterongan, Kecamatan Peterongan, Kota Jombang, Jawa Timur.

Harapan dari penyuluhan ini adalah masyarakat bisa menjadi lebih produktif meskipun selama pandemi ini hanya di rumah saja. Masyarakat bisa melakukan banyak hal yang seru dan menarik, seperti berolahraga, bermain musik, memasak, membuat karya seni, dan masih banyak lagi.

Salah satu yang paling mudah dikerjakan adalah aktivitas fisik atau olahraga, olaharaga sendiri banyak sekali macamnya sehingga bisa dilakukan secara teratur setiap hari.

Olahraga juga tidak hanya untuk orang muda saja, melainkan orang yang sudah tua juga bisa diajak melakukan olahraga, sekalipun bagi orang yang telah memiliki risiko penyakit sebelumnya atau komorbid seperti obesitas, hipertensi dan diabetes mellitus tetap bisa berolahraga misalnya hanya sekadar senam pagi.

Di samping melakukan kegiatan produkif, tentunya tetap harus mematuhi protokol kesehatan.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler