Apa Itu Bronkus? Yuk Simak Selengkapnya Berikut Ini

Ilustrasi Boneka
Sumber :
  • vstory

VIVA – Bronkus merupakan salah satu sistem pernafasan pada manusia yang berfungsi untuk membawa oksigen atau udara dari trakea ke alveoli paru-paru kelainan pada bronkus juga menjadi faktor seseorang terkena asma.

Bronkus terletak setelah trakea dan sebelum organ paru-paru, percabangan bronkiolus terletak setelah organ paru-paru,bronkus bagian kanan mempunyai 3 cabang bronkus lobaris,sedangkan bronkus sebelah kiri memiliki 2 cabang. Di dalam susunaNnya bronkus membentuk bronkus segmental, yaitu delapan cabang pada paru-paru kiri dan sepuluh pada paru-paru sebelah kanan ,bronkus segmental akan bercabang menjadi bronkus subsegmental.

Bagian bronkus

1. Lapisan Epitel

Lapisan epitel yang membungkus bronkus adalah epitel silindris bersilia sel ini akan memproduksi lendir yang berfungsi untuk memfilter kotoran melalui udara yang masuk.

2. Jaringan Ikat ( Lamina Propia)

Berfungsi sebagai tempat melekatnya sel epitel yang mengandung saraf, pembuluh darah dan limfa.

3. Lapisan Otot

Lapisan otot yang membungkus bronkus adalah jenis otot polos yang berfungsi untuk elastisitas dinding bronkus.

4.Tulang Rawan

Tulang rawan merupakan jenis tulang yang menyusun sebagian besar sistem saluran pernafasan ,tulang rawan sendiri mempunyai sifat lunak sehingga dapat memudahkan dalam gerakan pernafasan.

Fungsi bronkus secara umum meliputi :
• Memfilter udara yang masuk.
• Menghangatkan suhu udara.
• Sebagai konduktor.
• Menghubungkan trakea dengan organ paru-paru.

Penyakit yang biasa terjadi pada bronkus meliputi :

Bronkitis
Adalah adanya peradangan yang terjadi pada cabang bronkus karena adanya infeksi, penyebab bronkitis sendiri sering di alami oleh seorang perokok dan penderita paru-paru untuk gejalanya sendiri biasanya adanya batuk, sesak nafas, batuk berdahak, sakit kepala dan gangguan penglihata.


Adenoma bronkus

Adalah salah satu jenis tumor yang terjadi pada trakea yang yang menghambat saluran pernafasan. Ada beberapa gejala yang biasanya terjadi pada orang yang mengidap Adenoma bronkus seperti batuk, adanya darah pada dahak, mengeluarkan bunyi " ngik", sering terkena pneumonia dan kulit merona.

Bronkektasis
Dimana kondisi saluran bronkus mengalami kerusakan secara permanen dan biasanya terjadi lebih dari satu cabang bronkus.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.