Waspada, Corona Bisa Menyebar Lewat Tangan !

Ilustrasi mencuci tangan.
Sumber :
  • Freepik/shayne_ch13

VIVA – Corona menjadi momok yang mengerikan dimulai akhir Desember 2019. Kemunculannya yang secara tiba-tiba membuat geger di seluruh dunia. Tidak terkecuali Indonesia, banyak korban jiwa yang meninggal disebabkan virus corona.

Virus ini memiliki gejala demam, batuk atau pilek bahkan sesak nafas tetapi tak jarang pula ditemui pasien positif covid-19 tanpa gejala. Banyak upaya yang dilakukan pemerintah seperti lockdown atau penghentian aktivitas maupun gerakan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan menghindari kerumunan).

Tetapi hal tersebut tidak cukup, karena virus corona tidak mati apabila hanya menggunakan gerakan 3M, maka dari itu pemerintah menganjurkan gerakan mencuci tangan menggunakan sabun di air yang mengalir.

Secara tidak sadar, tangan sering kali memegang bagian seperti mata, hidung dan mulut. Padahal, organ tubuh tersebut merupakan jalan masuknya virus corona ke dalam tubuh. Apalagi dalam hal memasak hingga menghidangkan makanan, tangan merupakan anggota tubuh yang berperan penting dalam hal itu.

Lalu, bagaimana jika tangan kita kotor ? bagaimana pula jika tangan kita terdapat virus corona ? tentu saja menjadi hal yang mengerikan bukan ? Diketahui, rata-rata seseorang mengeluarkan gejala yaitu 5 hari setelah terjangkit dari orang lain. Bagaimana jika tanpa gejala?

Dalam waktu sehari saja, sudah berapa manusia yang kita temui, berapa benda yang kita pegang? Padahal, virus akan menjangkit dari manusia ke manusia dan yang paling banyak menularkan adalah perantara dari tangan. Maka dari itu, cuci tangan pakai sabun menjadi alternatif paling ampuh yang digunakan saat pandemi covid-19.

Karena, sabun yang kita gunakan dapat membunuh serta melepaskan ikatan jaringan lemak dan bakteri didalam virus corona. Cuci tangan tidak hanya semata-mata tanpa tujuan yang jelas, namun memiliki langkah yang teratur , d iantaranya adalah :

• Tadahkan dan usap kedua telapak tangan dengan air mengalir

• Sapukan sabun pada kedua telapak tangan

• Gosok sela-sela jari dengan rata

• Punggung jari kiri digosok menggunakan telapak tangan kanan dan sebaliknya

• Ibu jari kanan digosok berputar dalam genggaman tangan kiri dan sebaliknya

• Gosok berputar ujung jari tangan kiri di telapak tangan kanan dan sebalinya

Begitulah langkah-langkan cuci tangan pakai sabun dengan benar. Setiap langkah harus detail sehingga diharapkan tidak menyisakan virus ditangan. Maraknya penyebaran virus corona membuat semua orang tanpa terkecuali merasakan bingung bahkan stress.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.