Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Wajib Tahu Bumbu Masak China yang Perlu Dipakai Rasa Masakanmu

Selasa, 11 Agustus 2020 | 11:24 WIB
Oleh :
Foto :
  • vstory
Doubanjiang

VIVA – Jika dilihat-lihat nih cooklovers, sebagian dari kita mungkin memasak dengan bumbu yang seadanya di rumah. Lalu saat dicicipi seperti ada rasa yang kurang ya atau ada saja yang mengomentari masakan kita kalau rasanya hambar..

Mengintip sedikit dari masakan-masakan China, ternyata ada bumbu-bumbu rahasia yang digunakan untuk menambah cita rasa makanan loh. Mungkin beberapa bumbu-bumbu di bawah ini terdengar kurang familiar, tapi apa salahnya kita coba cari tahu.

Baca Juga

Yuk cook lovers langsung saja merapat!

1. Taoshi (Fermented Black/Soya Bean)

Tausi adalah bumbu yang terbuat dari fermentasi kacang kedelai hitam. Tidak heran warna hitam dari bumbu ini berasal dari kacang kedelai hitam tersebut. Kadang orang-orang sulit membedakannya dengan tauco.

Perbedaannya terdapat pada aromanya, tauco memiliki aroma yang lebih kuat dari pada tausi, dan tauco menggunakan kacang kedelai biasa yang dicampurkan dengan aneka rempah dan garam.

Bumbu taoshi ini dapat digunakan untuk membuat ikan/ikan gurame taushi, tahu taushi, dan masih banyak lagi.

2. Anggur Shaoxing

Anggur Shaoxing merupakan anggur tradisional Tiongkok yang berasal dari wilayah Shaoxing, di provinsi Zhejiang Cina timur. Bahan dasar dari anggur ini adalah beras yang difermentasi selama beberapa waktu.

Biasanya anggur ini dapat langsung diminum atau digunakan untuk memasak masakan-masakan China. Anggur ini sangat terkenal di daerah Taiwan dan Asia Tenggara loh. Masakan yang menggunakan anggur ini misalnya Hui Guo Rou, Malaxiangguo, dll.

3. Bumbu Ngohiang

Dalam bahasa inggris bumbu ini disebut 5 spice powder karena terdiri dari 5 macam bumbu. Kelima bumbu tersebut di antaranya: pekak, kayu manis, merica Szechuan, cengkeh dan adas yang dihaluskan.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler