Sabar itu Indah, karena Semua Ada Hikmahnya

Sumber foto: instagram @theislamiaat
Sumber :
  • vstory

VIVA – Banyak hal yang dapat menguji keimanan manusia. Salah satunya adalah kesabaran. Dengan bersabar, kita akan mendapatkan berbagai hal positif. Bersabar juga mengajarkan kita agar tidak mudah terbawa emosi ketika banyak hal yang membuat kita kecewa.

Ketika kita bersabar Tuhan akan melipatgandakan pahala bagi umatnya. Terdapat banyak manfaat jika kita bersabar. Tanpa perlu kita sadari, seseorang yang bersabar, ia akan disayang oleh Tuhan.

Banyaknya cobaan yang Tuhan berikan, seharusnya membuat kita menjadi manusia yang lebih kuat. Mengeluh bukanlah jalan terbaik, mengadu kepada Tuhanlah yang seharusnya kita lakukan.

Seseorang pernah berpesan, “Janganlah kamu terpancing emosi, karena emosi awal mula kamu membenci.” Jika ada yang memancing emosimu, membuatmu kesal, sehingga naiklah amarahmu, jangan kau balas dengan amarah juga. Amarah dibalas dengan amarah, maka putuslah hubungan baikmu.

Sabar adalah pilihannya. Ketika menurutmu, sabar melelahkan, bahkan dengan sabar kau terlihat lemah, buanglah jauh-jauh pikiran negatifmu itu. Pikiran negatif akan menjerumuskanmu ke arah negatif pula.

Bersabar tidak membuatmu terlihat lemah, bersabar tidak juga membuatmu kalah, bersabar juga tidak akan membuat hubungan baikmu terpecah belah. Justru, ia akan memperbaikI semua masalah.

Banyak hal yang dapat meningkatkan kesabaran manusia, salah satunya adalah mendekatkan diri kita kepada Tuhan. Dengan begitu, senantiasa kita akan berpikir positif, sehingga menjadikan kita pribadi yang aktif dan kreatif.

Sabar tiada batas, sabar menjadikan peluangmu meraih kesempatan, sabar dapat menyembuhkan luka pahit, sabar itu tidak mudah. Seperti yang dikutip menurut penulis Tere Liye, “Sabar itu ibaratkan hujan. Memang lelah dan terkadang menyakitkan. Tapi dari semua itu akan ada pelangi. Lalu, datanglah keindahan dan juga kebahagiaan.”

Layaknya, pohon dengan sabar menunggu berbuah dan berbunga mekar. Lebah yang dengan sabar mengumpulkan serbuk sari dan nektar agar menjadi madu. Belajarlah dari seekor kupu-kupu, ia bermula dari ulat, lalu berubah menjadi kupu-kupu dengan berbagai warna cantik dan indah.

Hal itu tidaklah mudah. Sia-sia dan gagal pasti akan terjadi, disitulah Tuhan menguji umatnya. Selalu bersyukur adalah kunci utamanya. Bersabar adalah kekuatan, bukan kelemahan. Jadilah seperti batu karang, ia kuat dan tegar ketika ombak besar datang mengadang. Burung yang selalu seimbang ketika banyak angin yang menerjang.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.