Kita Berhak untuk Sehat

Hidup Sehat Kita yang Menentukan
Sumber :
  • vstory

VIVA – Suatu pagi, sebelum bekerja, seperti biasa aku menyempatkan untuk membaca koran terlebih dahulu. Terdapat sebuah berita tentang nenek yang meninggal dalam usia 145 tahun. Usia yang cukup panjang untuk ukuran umur manusia zaman sekarang.

Bahkan, dalam berita tersebut dikatakan bahwa nenek tersebut masih bugar dan kuat ingatannya hingga umur yang begitu senja. Di akhir berita, dijelaskan tentang rahasia sang nenek tersebut, hingga punya usia yang begitu panjang selain karena karunia Tuhan.

Ternyata, makanan yang ia makan serta pola hidup yang sehat menjadi kuncinya. Selama hidup sang nenek hanya mengonsumsi makanan yang direbus, dibakar dan sedikit makan makanan yang digoreng, serta tidak makan makanan yang tidak mengandung bahan pengawet atau pun bahan penyedap.

Sang nenek hanya makan dengan bumbu yang alami. Sungguh berbeda dengan zaman sekarang. Beragam makanan dapat kita jumpai dengan beragam, bentuk, rasa dan penyajian. Makanan yang instan yang sering kita sebut fast food mudah kita jumpai dan kita dapatkan dengan harga murah.

Namun, kita tidak pernah sadar mudahnya serta murahnya makanan itu kita dapat, justru membuat kita semakin tidak sehat. Bisa kita lihat sekarang angka kematian di usia muda sangat tinggi.

Penyebab kematian tersebut yang rata-rata, karena serangan jantung dan stroke berasal dari pola makan yang salah. Makanan yang tidak kita jaga, baik itu pola maupun nilai gizi dan kandungannya membuat penyakit itu mudah bersarang dan menyebabkan kematian dini.

Apalagi zaman sekarang, menurut investigasi berbagai pihak, makanan yang beredar sekarang tidak hanya mengandung bahan penyedap tapi juga bahan pengawet berupa bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan tubuh kita.

Memang tidak mudah, jika kita menerapkan hidup sehat. Terutama soal makanan saat dewasa. Yang tentunya lidah kita terbiasa dengan makanan yang berpengawet, berpenyedap dan mengandung banyak bahan kimia. Kita akan merasa minder jika makan makanan yang berbahan alami dan tidak cepat saji tentunya.

Karena selain fashion, makanan sudah menjadi life style yang justru mengarahkan kita pada kematian. Namun, dibalik makanan cepat saji, untunglah masih ada sekelompok manusia yang masih sadar akan hidup sehat. 

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.