KRI YOS-353 Renovasi Sekolah Laskar Pelangi Natuna

Berkibar merah putih di kecamatan Sabang Mawang pulau Natuna
Sumber :
  • vstory

VIVA - Suasana mengharu biru saat bendera Merah Putih dikibarkan di MTs Al Hidayah, sekolah yang kondisi sebelumnya tidak jauh berbeda dari sekolah dalam film Laskar Pelangi. Di Desa Sabang Mawang, Kabupaten Natuna Provinsi Kepri, Rabu, (15/7/2020).

Iringan lagu kebangsaan Indonesia Raya menambah hikmat acara penyerahan simbolis renovasi MTs Al Hidayah. "Yos Sudarso" didaulat sebagai nama salah satu gedung yang selesai direnovasi.

"Spirit sang Pahlawan diharapkan mampu menginspirasi peserta didik di sini," ujar  Zulkarnain, Ketua Yayasan Al Hidayah yang menjadi pengelola sekolah.

Hadir dalam kegiatan ini siswa MTs, seluruh tenaga pendidik yang berdomisili di Sabang Mawang, prajurit KRI YOS-353 (BKO Guspurla Koarmada I), Staf Guspurla, perangkat Kecamatan Pulau Tiga serta perangkat Desa Sabang Mawang.

"Dengan kegiatan ini besar harapan para siswa dapat belajar lebih nyaman, sehingga mereka mampu menjadi generasi muda yang berkualitas" ujar Letkol (P) Maman Nurachman yang sehari-hari menjabat sebagai Pgs. Komandan KRI YOS-353.

Foto bersama Kru KRI Yos Sudarso 353

Kegiatan bakti sosial ini merupakan swadaya dari prajurit KRI yang dibantu masyarakat setempat. Renovasi yang dilakukan meliputi pengecatan bangunan, pembuatan papan tulis, penyemenan lantai, pembuatan tiang bendera dan pembuatan tangga sengkedan.

Adapun dalam kesempatan ini, KRI YOS-353 juga memberikan bantuan pendidikan (buku dan alat tulis) kepada pelajar MTs, Alat peraga pendidikan, Tiga unit Kipas Angin dan paket sembako kepada seluruh tenaga pendidik yang berdomisili di Pulau Sabang Mawang sebanyak 45 orang.

Terpantau, selain renovasi bangunan juga disampaikan bantuan berupa paket pendidikan kepada pelajar MTs, 45 paket sembako kepada seluruh tenaga pendidik yang berdomisili di Pulau Sabang Mawang, alat peraga pengajaran dan buku bacaan, 25 unit kursi kelas serta pendingin ruangan sebanyak tiga unit.

"Kami senang dan terharu, Tentara dengan kesederhanaannya tetap memuliakan profesi guru," kata salah satu guru yang menerima bantuan sembako.

Penyerahan sembako

Kurnia Jaya, selaku Kepala Sekolah MTS mengapresiasi apa yang dilakukan KRI dalam aksi nyata telah memberikan spirit baru kepada genarasi penerus di pulau Natuna.

"Kondisi sekolah kita sebelumnya memprihatinkan, bangunan ini swadaya, lantai pun masih lantai tanah. Alhamdulillah dengan kegiatan KRI ini membantu perkembangan pendidikan," ujarnya.

Sementara Asintel (mewakili Komandan) Guspurla Kolonel Laut (P) Ivong Wibowo yang turut hadir menyampaikan pesan sekaligus motivasi kepada anak didik.

"hal ini merupakan wujud kepedulian TNI AL terhadap pendidikan di wilayah perbatasan," ujar Ivong.

Para pelajar MTS di Pulau Natuna

Terlihat para pelajar sangat senang melihat bangunan kelas mereka yang baru serta mendapat bantuan pendidikan. Selain itu, guru-guru merasa terharu karena TNI AL peduli terhadap kondisi guru-guru diperbatasan.

Keadaan ini sebenarnya pukulan telak bagi pemerintah, 75 tahun Indonesia merdeka, hampir 20 tahun Kabupaten Natuna berdiri, ternyata sekolah beralaskan tanah masih ditemui. (Rikyrinovsky)

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.