Corona, Musuh Besar Umat Manusia di Tahun Ini.

Corona, Virus, Kesehatan
Sumber :
  • vstory

VIVA – Corona virus merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit pada manusia dan hewan. Pada manusia biasanya menyebabkan penyakit infeksi saluran pernapasan, mulai dari flu biasa hingga penyakit yang serius seperti middle east respirationaty sindrom (MERS) dan severe acute respiratory syndrome (SARS).

Penyakit ini terutama menyebar di antara orang-orang, bisa melalui tetesan pernapasan dari batuk atau bersin. Corona virus jenis baru ini ditemukan pada manusia sejak kejadian luar biasa muncul di wuhan China, pada Desember 2019. Corona jenis ini dinamakan dengan Covid-19. Covid-19 paling memengaruhi organ paru-paru.

Tanda dan gejala umum infeksi Covid-19 ini adalah gejala gangguan pernapasan akut seperti deman, batuk dan sesal napas. Masa inkubasi rata-rata 5 hingga 6 hari dengan masa inkubasi terpanjang 14 hari.

Pada 2 Maret 2020, Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo melalui akun Instagramnya telah mengumumkan bahwa dua warga negara Indonesia telah positif terinfeksi Covid-19 setelah sebelumnya berinteraksi dengan warga negara Jepang.

Komunikasi merupakan komponen penting yang tidak bisa dipisahkan dalam penanggulangan tanggap darurat kesehatan masyarakat, baik untuk skala lokal, nasional, ataupun internasional. Komunikasi akan membangun kepercayaan publik atau khalayak, terhadap kesiapsiagaan dan respon setip komponen negara dan juga pemerintah, sehingga masyarakat dapat menerima informasi dengan baik dan mengikuti anjuran pemerintah.

Dengan hal demikian dapat meminimalkan kesalahpahaman terhapat Covid-19 ini maupun risiko kesehatan lainnya. Wabah yang sedang terjadi pada saat ini yaitu Covid-19 semakin meluas dan sulit untuk dikendalikan penyebarannya, sehingga pemerintah berupaya dengan sekuat tenaga untuk memutus mata rantai penyebaran wabah ini misalnya dengan menerapkan pembatasan sosial besar-besaran (PSBB).

Hal ini bertujuan agar virus Corona ini dapat diselesaikan dan tidak semakin meluas keberbagai tempat. Hingga saat ini belum adanya vaksin yang tepat untuk mencegah virus ini. Namun, dalam praktiknya banyak pasien Covid-19 ini sembuh dengan bantuan tenaga kesehatan dan juga kekuatan pasien dalam menghadapinya.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, pembatasan sosial adalah menjaga jarak setidaknya dua meter dari orang lain dan menghindari kerumunan untuk mencegah penularan penyakit.

Intinya, masyarakat diminta untuk tidak melakukan kegiatan apapun di luar rumah, terutama jika kegiatan tersebut tidak terlalu penting atau masih bisa diwakilkan dan diselesaikan dengan layanan jasa. Virus Corona ini sangat sulit untuk memberikan efek kepada orang yang memiliki sistem imun yang kuat, sehingga masyarakat dianjurkan untuk meningkatkan sistem imunya dengan mengonsumsi makanan seimbang dan menjada sanitasi lingkungan.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.