Belajar SEO, Skill Marketing yang Wajib Dimiliki Fresh Graduate

Sumber : Belajar SEO : Panduan Dasar Untuk Pemula [Update 2020], VictoGlend.com
Sumber :
  • vstory

VIVA – Salah satu profesi yang paling dibutuhkan tahun 2020 ini adalah Digital Marketing. Seperti yang kita ketahui, Dampak COVID-19 mengubah perilaku belanja dari offline ke online.

Maka untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, perusaahan harus mulai lebih kreatif dengan meningkatkan eksistensi bisnisnya secara online.  Skill utama yang paling dicari bagi perusahaan besar adalah optimalisasi mesin pencari. Belajar SEO tidak harus menempuh jalur pendidikan, kamu bisa belajar secara otodidak.

Apa itu SEO? 

SEO merupakan tindakan praktis agar situs yang kamu optimalisasi bisa muncul dalam hasil pencarian teratas. Mesin pencari memiliki algoritma yang selalu di perbaharui setiap harinya.

Tujuannya agar terus menampilkan hasil yang paling relevan bagi pengguna internet. Sehingga SEO merupakan strategi marketing yang dapat meningkatkan klik organik secara gratis. 

Banyak sekali cara untuk mengoptimalisasi mesin pencari. Ada dua cara yang paling dikenal di dunia SEO yaitu Back Hat dan White Hat SEO. Black Hat SEO adalah salah satu strategi yang berusaha untuk mencurangi algoritma mesin pencari agar mendapatkan peringkat teratas dalam hasil pencarian.

Kebalikan dengan White SEO di mana berfokus untuk mematuhi algoritma mesin pencari. Black hat SEO lebih menjanjikan karena hasilnya dapat dilihat dalam waktu singkat namun dengan risiko akan mendapatkan finalti dari Google. Sedangkan White hat membutuhkan waktu yang cukup lama antara 3 - 6 bulan.

Strategi SEO yang kamu wajib ketahui

Bekerja sebagai SEO spesialist bukanlah perkara yang mudah. Banyak sekali analisa yang barus dilakukan agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Berikut beberapa strategi SEO yang Wajib kamu ketahui.

  • Riset Keyword : mencari kata kunci yang paling sering dicari agar mendapatkan banyak klik organik.
  • Menambah Backlink : carilah backlink agar meningkatkan kredibilitas di mata Google.
  • Membuat Konten Menarik : artikel yang menarik, lalu memiliki informasi yang relevan dan menjawab pertanyaan yang paling sering ditanya oleh Google.
  • Meningkatkan Kecepatan Website : situs yang lamban akan meningkatkan kemungkinan memberikan pengalaman buruk kepada pengakses situs. Olehkarena itu, pastikan selalu memperbaiki halaman situs yang lamban.
  • Pastikan memberikan pengalaman pengguna yang baik : situs yang baik haruslah memiliki struktur yang mudah dipahami oleh pengguna. Seperti memiliki daftar menu, footer, sub kategori, halaman login, dll.

Kesimpulan

SEO merupakan salah satu skill yang paling dicari oleh banyak perusahaan. Banyak sekali orang yang mengaku Digital Marketing, tetapi tidak memahami skill fundamentalnya.

Oleh karena itu, pahamilah beberapa strategi yang telah disebutkan dan cobalah untuk terus mengembangkan diri dengan belajar secara online. Banyak sekali informasi mengenai SEO secara gratis, jadi semangat ya Fresh Graduate yang mencari Kerja! Semoga bermanfaat.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.