Kades di Brebes Bisnis Sampingan Berjualan Hewan Kurban

Seorang salon pembeli sedang memeriksa sapi jenis Limousin yang dijual Irma.
Sumber :
  • vstory

VIVA - Di tengah-tengah melayani masyarakat, seorang Kepala Desa di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah memanfaatkan momen Idul Adha dengan membuka bisnis sampingan dengan berjualan hewan kurban.

Adalah Irma Hamdani yang merupakan Kepala Desa Kalierang, Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes ini memanfaatkan waktu luangnya usai melayani masyarakat dengan berjualan hewan kurban.

Kepala Desa yang masih tergolong muda ini memanfaatkan lahan kosong di belakang rumah milik saudaranya sebagai tempat hewan kurban yang akan dijualnya kepada masyarakat. Meskipun tidak berada di pinggir jalan, namun banyak yang mencari hewan kurban yang dijualnya.

"Saya mengkhususkan menjual sapi," kata Irma. Ia mengatakan, sapi-sapi yang dijualnya kebanyakan jenis Limousin karena jenis sapi tersebut banyak dicari pembeli.

Irma mengaku memiliki sapi beberapa jenis Limousin dengan bobot antara 600 hingga 800 kilogram. Harga yang ditawarkan juga bervariasi antara Rp.40 juta hingga Rp.50 juta.

"Sudah empat sapi Limousin yang terjual pada lebaran Idul Adha tahun ini," ungkap Irma.

Sebelum dijual, Irma mengaku membeli sapi anakan dari peternak lain. Ia hanya membesarkan saja. Dengan membeli sapi anakan ia mengaku mendapatkan harga beli yang relatif murah dibanding dengan membeli yang sudah besar.

Dalam memelihara sapi jenis Limousin tidak sulit, namun Irma kerap merasa kesulitan dalam mendapatkan pakan sapi karena sapi jenis tersebut memiliki porsi yang cukup banyak.

"Kalau dihitung-hitung sih biaya pakan sapi Limousin dua kali lipat dari jenis sapi lokal," tutur Irma.

Untuk mengakali pakan dari rumput, Irma mengakalinya dengan memberi pakan berupa jerami yang difermentasi dengan menggunakan cairan gula dan campuran bekatul serta cairan kimia buatan.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.