Tumbuhkan Rasa Kebersamaan Gotong Royong Melalui TMMD

Kekompakan Satgas TMMD 109 Kodim 0601/ Pandeglang dan warga masyarakat dalam bekerja
Sumber :
  • vstory

VIVA – Pelaksanaan kegiatan TMMD 109 yang memasuki hari ke 9 sedikitnya telah mempengaruhi dampak yang positif bagi warga sekitar.

H ini dapat terlihat dengan banyaknya warga yang ikut serta dalam kegiatan TMMD karena Satgas TMMD Kodim 0601/Pandeglang yang merupakan personil gabungan dari TNI AD, TNI AL, dan dari Kepolisian memperlihatkan kepada warga sekitar rasa kebersamaan bergotong royong dalam setiap pekerjaan.

Secara tidak langsung Tim Satgas TMMD memperkenalkan rasa kebersamaan bergotong royong yang sudah mulai luntur di masa sekarang ini.

Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0601/ Pandeglang Mayor Arm. Suherman mengatakan bahwa jiwa gotong royong merupakan wujud perilaku dan tindakan individu yang dilakukan tanpa mengharap balasan untuk melakukan sesuatu secara bersama-sama demi kepentingan bersama.

"Kami dari Kodim 0601/Pandeglang setiap kegiatan yang berbaur dengan masyarakat seperti kegiatan TMMD ini selalu mengajak para generasi muda ikut berpartisipasi dalam kegiatan Gotong royong," ucapnya.

Menurutnya, pengaruh globalisasi telah membuat banyak anak muda seakan kehilangan kepribadian diri sebagai bangsa Indonesia, budaya “gotong royong” yang diterapkan pada kondisi yang salah.

Misalnya, sikap terlalu “setia kawan” pada kawan yang justru sudah jelas kesalahannya dalam suatu hal, tetapi tetap saja didukung dengan setia sehinga timbul tawuran antar pelajar yang selama ini terjadi di beberapa daerah.

Semangat gotong royong ini bisa tumbuh dengan beberapa cara yang salah satunya adalah menghidupkan kembali semangat kebersamaan dalam komunitas bersama yaitu organisasi. Dengan berorganisasi maka seseorang akan mendapat banyak keuntungan seperti memiliki keterampilan tertentu dan juga mendapat banyak teman.

"Selain itu gotong royong dapat mempercepat dalam melakukan suatu pekerjaan. Selain itu banyak manfaat yang dapat diambil dalam gotong royong diantaranya adalah menumbuhkan rasa solidaritas antar warga akan terjalin dengan baik, menumbuhkan sikap kebersamaan, meringankan beban pekerjaan," ujar lagi.

Untuk diketahui, anggota yang tergabung dalam satgas TMMD ke 109 kodim 0601/Pandeglang dari berbagai satuan baik TNI maupun Polri  memberikan contoh kerjasama gotong royong kepada masyarakat kecamatan Patia, khusunya para pemuda untuk menumbuhkan semangat gotong royong yang mulai luntur.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.