Hal yang Harus Anda Perhatikan Sebelum Berbisnis Waralaba

Tips berbisnis
Sumber :
  • vstory

VIVA – Saat Anda ingin memulai berbisnis dengan skema waralaba, ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal. Seperti mencari tahu berbagai risiko yang mungkin terjadi di kemudian hari serta mencari tahu semua informasi yang berhubungan dengan waralaba.

Hal ini tentu sangat penting diketahui diawal agar Anda bisa memilih usaha waralaba dengan potensi terbaik, seperti Party Cheese Tea. Sebuah bisnis waralaba minuman cheese tea dengan harga kemitraan terjangkau dan memiliki potensi keuntungan maksimal.

Selain hal-hal diatas, apalagi sih yang perlu kita ketahui sebelum kita benar-benar bergabung menjadi mitra suatu usaha waralaba? Yuk simak informasinya!

Kredibilitas Franchisor dan bisnis franchisenya

Sebelum melangkah lebih jauh, pastikan Anda telah memeriksa reputasi dari perusahaan yang menjual bisnis franchise tersebut serta ketahui nama pemiliknya. Selain itu, ketahui latar belakang bisnis dan komitmen mereka terhadap bisnisnya. Pastikan pemilik dan bisnis tersebut benar-benar ada dan tidak bodong.

Ketahui Struktur Organisasinya

Tidak hanya instansi yang memiliki struktur organisasi, sebuah perusahaan pun pasti memiliki struktur organisasi. Jika sebuah perusahaan tidak memiliki struktur organisasi yang jelas, bisa dipastikan perusahaan tersebut tidak memiliki tim yang solid.

Berbeda jika perusahaan memiliki struktur organisasi, pasti akan terlihat kalau perusahaan tersebut kompak dan peduli terhadap bisnis yang ditawarkan ke calon mitra. Karena dengan begitu, mereka akan memiliki sistem yang terorganisir dan memberikan advice yang baik untuk membantu mitra-mitra mereka dalam mengembangkan bisnisnya.

Lakukan Investigasi

Jika memungkinkan, datangi perusahaan yang menawarkan bisnis franchise tersebut lalu amati suasana dan keadaan di sana. Tidak ada salahnya Anda mencoba berbicara dengan para staf di perusahaan tersebut untuk mengetahui lebih jauh tentang sistem fasilitas dan pelayanan yang diberikan oleh mereka kepada para franchisee.

Bandingkan dengan Franchise Lain

Sebelum memutuskan untuk membeli bisnis franchise, ada baiknya Anda membandingkan dengan beberapa usaha franchise di kategori sejenis. Hal ini bagus untuk dilakukan agar Anda bisa mendapatkan perbandingan bisnis yang lebih objektif dengan hasil yang lebih baik.

Sebagai catatan, melakukan investigasi sebelum membeli bisnis franchise adalah langkah awal untuk menyiapkan dan meminimalisir resiko yang bisa saja menjadi tantangan di kemudian hari. Namun jika Anda merasa yakin dengan bisnis tersebut, maka segera ambil keputusan untuk membeli bisnis franchise tersebut.

Pastikan Dokumen Penting

Dokumen Pengungkapan Waralaba (FDD) merupakan dokumen legal yang diberikan pemberi waralaba kepada calon penerima waralaba sebelum terjadi perjanjian kerja sama.

Dokumen ini memiliki rincian bisnis waralaba terkait dan menjadi dasar kontrak penjualan waralaba, termasuk hak dan tanggung jawab pihak-pihak terkait. Karenanya, calon pembeli waralaba atau franchisee sebaiknya mengecek segala dokumen penting sebelum benar-benar menyetujui MOU dengan tanda tangan basah.

Anda juga bisa mendiskusikan isi FDD itu dengan pengacara atau ahli hukum yang memahami hal tersebut. Apabila sudah tidak ada masalah, Anda bisa mulai menjalankan bisnis waralaba pilihan Anda.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.