Berbisnis Ikan Hias di Masa Pandemi

Ikan Hias Kecil
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Di masa pandemi seperti sekarang  ini, jika kamu  ingin sekali berbisnis atau membuka usaha tatapi modal kamu sedikit karena keuangan sedang menurun akibat terjadi nya pandemi, ada salah satu pilihan peluang usaha dengan modal yang cukup murah.

Tentu nya menjadi salah satu pilihan dan alternatif dari sedikitnya pilihan yang ada, peluang bisnis yang ada saat ini untuk mendapatkan keuntungan tambahan dan untuk kebutuhan sehari – hari usaha ini tentu nya bisa di jadikan sebagai hoby juga loh guys.

"Tapi bisnis apa sih yang laku pada saat musim pandemi ini?"

Yap, bisnis ikan hias tentunya. Peminat dan penghobi ikan hias di indonesia sendiri terbilang sangatlah tinggi di musim pandemi ini. Bagaimana tidak?

Untuk mengisi ke kosongan di masa pandemi ini, masyarakat lebih memilih untuk membudidayakan ikan hias atau yang kita kenal dengan istilah bettafish atau ikan cupang saat ini di mana peminatnya selalu meningkat dari waktu ke waktu dan bisnis ini juga tak pernah ada matinya sejak dulu hingga sekarang.

Apalagi pada saat masa pandemi masyarakat sibuk untuk mengisi waktu luang pada saat transisi PSBB yang dianjurkan oleh pemerintah.

Nah, Kita tidak pernah menyangka bahwa bisnis ikan hias di musim pandemi ternyata memberikan dampak dan keuntungan yang menjanjikan untuk kehidupan sehari-hari? Tidak hanya meningkatkan ekonomi penjual nya cupang atau ikan hias itu sendiri saat ini sudah merambah ke internasional loh, banyak sekali kontes ikan hias yang diadakan di luar maupun dalam negeri.

Peminat ikan hias ini pada saat musim pandemi menjadi salah satu alasan kenapa bisnis ikan hias menjadi salah satu peluang usaha yang sangat berpotensi saat ini.

Ikan hias itu sendiri banyak sekali jenis nya dan ikan ini termaksud ikan yang hidup di air tawar dan salah satu ikan mempunyai bentuk dan juga warna yang sangatlah menarik dan indah untuk di lihat.

Nah, bettafish atau yang sering kita kenal dengan sebutan ikan cupang adalah salah satu ikan hias yang mempunyai nilai ekonomi dan nilai jual yang sangat tinggi pada saat masa pandemi ini.

Untuk kisaran harga ikan cupang jantan berkisar mulai dari Rp100.000,--Rp1.000.000,- per ekor itupun tergantung dengan kualitas si ikan tersebut banyak sekali penilaian yang membuat ikan tersebut menjadi mahal untuk di perjualbelikan.

Tentunya ikan hias atau ikan cupang yang kita kenal ini berasal dari Asia, tidak hanya di Indonesia saja ikan cupang ini sangat terkenal di beberapa Negara asia lain nya seperti negara Thailand, dan juga Malaysia.

Dan ikan hias ini,  terutama untuk ikan cupang yang berkelamin jantan lah yang  lebih dicari sebab biasanya para breeder tidak menjual ikan betina kalau pun ikan betina yang dijual harganya pun sangatlah mahal, karena ikan jantan memiliki warna yang lebih menarik, dan juga ramping dan tentunya memilik bukaan ekor yang lebar dibanding betina.

Ikan jantan dewasa ini tentu biasa digunakan sebagai ikan laga atau yang kita kenal dengan ikan aduan tapi untuk jenis ikan aduan beda lagi sebutan nya nah ikan aduan sering kali kita sebut dengan yang namanya bagan, karena memiliki kebiasaan unik yaitu saling menyerang atau yang biasa di sebut flering yang arti nya membuka kedua ingsang nya bila ditempatkan bersama-sama dalam satu wadah hal ini karena ikan cupang adalah hewan territorial ”(Pembenihan et al., 2005)”.

Dan biasa nya di kalangan penjual atau kalangan budidaya, ikan cupang betina lah yang harganya lebih mahal di banding ikan jantan nya, sebab kalau kita mau berbisnis di dunia ikan cupang ini kita harus membeli indukan yang berkualitas.

Indukan atau genetic yang akan mempengaruhi keturunan ikan tersebut lebih dominan ke induk betinanya dibandingkan ke jantannya makanya ikan indukan betina tidak atau jarang diperjualkan oleh para breeder atau seller.

Bayangkan jika berapa banyak keuntungan yang bisa kita dapat dari berbisnis ikan hias ini, kita bisa mendapatkan keuntungan 2 kali lipat dari modal awal dan kita hanya perlu mengeluarkan modal awal untuk membeli indukan yang berkualitas dan untuk keturunannya atau burayak bisa kita jual dengan harga kisaran 100 – 1.000.000 per ekor  itu pun tergantung jenis dan kualitas si ikan tersebut.

Bahkan nilai ikan tersebut  bisa semakin mahal lagi jika ikan memiliki corak yang sangat unik dan genetic yang orang jarang punya atau bisa di sebut juga langka. Bagaimana? sudah terbayang bukan berapa keuntungan jika kita berbisnis ikan hias jenis cupang ini.

Di beberapa kalangan breeder atau seller, nah ikan cupang juga memiliki beberapa katagori diantaranya ikan kontes yang berarti ikan yang diperlombakan keindahannya dari aspek tertentu dan juga ada ikan adu tapi biasa nya ikan adu jarang sekali di adakan untuk semacam kejuaraan.

Dan di kalangan para penggemar atau hobi ikan hias atau ikan cupang, Ikan cupang ini telah mempunyai kalangan penghobi tersendiri. Ikan hias ini mempunyai berbagai bagai macam corak dan berbagai macam pola warna yang unik dan juga enak sekali untuk dipandang, salah satu yang menjadi ciri khas ikan cupang adalah pada saat ekornya mengembang membentuk bulan hal itu bisa terjadi ketika si ikan tersebut bertatapan dengan ikan yang lain.”(Wahyudewantara, 2017)”.

Macam bentuk ekor cupang itu sendiri beragam,  ada yang menyerupai bentuk setengah bulan sabit (halfmoon), dan ada juga yang ber bentuk bulat (rounded tail), dan ada juga yang berbentuk seperti mahkota yaitu (crown tail), dan ikan hias atau cupang banyak sekali dibudidayakan untuk di nikmati keindahannya, bukan hanya saja dibudi dayakan ikan cupang atau ikan hias juga banyak yang diperlombakan untuk dinilai keindahan dan aspek-aspek lain contoh: Dorsal Fin, Anal Fin, Caudal Fin, Body, Head, Ventral Fins.

Kita bisa menilai dan membedakan mana kah ikan jantan dan mana ikan betina dengan cara dilihat dari ukuran body si ikan tersebut, nah  warna juga bisa membedakan mana jantan dan betina dan juga sirip jantan dan betina itu  pada umum nya berbeda ya guys.

Pada umumnya jantan mempunyai punggung sirip dan sirip ekor dengan ukuran lebih panjang dan lebar di banding dengan betina yang memiliki ukuran lebih kecil namun badannya lebih panjang di di banding betinanya.

Dalam hal ini warna, jantan lebih menarik dan indah di banding betina tapi itu semua tergantung kualitas dari ikan tersebut. Pada ikan betina umum nya memiliki perut lebih gendut atau besar hal ini karena ikan betina menyimpang telur di dalam perut nya, Warna pada jenis ikan ini sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu jenis genetik dan faktor keturunan dari induk nya itu sendiri.

Jenis-Jenis ikan hias salah yang satunya banyak sekali dibudidayakan atau untuk dipelihara dan untuk dijual atau dilihat dari keindahannya untuk dilombakan yaitu:

Plakat atau yang dikenal dengan ikan cupang ekor pendek banyak macam jenisnya yaitu: seperti Super Red, Koi Galaxy, Koi Multi Colour, White Platinum, Yellow Base dan masih banyak  lagi . Sedangkan Jenis Ekor Lebar yairu: Seperti Halfmoon, CrownTail, dan masih banyak lagi.

“Kalian tau gak si pakan apa saja yang bagus untuk ikan cupang”?

Dengan memberi ikan makanan yang bernuterisi  akan baik untuk si ikan dalam pertumbuhan ikan dan maka ikan akan cepat besar pula apabila jumlah makanan atau pakan yang diberikan mengandung protein nya lebih besar untuk pertumbuhan ikan itu sendiri.

Makanan ikan yang baik itu sendiri adalah pakan hidup yang kandungan nutrisinya lengkap untuk si ikan supaya cukup mendapatkan protein yang baik untuk kesehatan ikan, dan mudah dicerna, disukai oleh ikan. bahwa pakan alami merupakan makanan yang cocok untuk pertumbuhan benih ikan cupang karena kandungan nutrisi yang dimiliki seimbang, sesuai dengan bukaan mulut benih dan sistem pencernaannya.

Cupang termaksud ikan yang memakan serangga kecil tapi tidak semua serangga kecil bisa di berikan kepada ikan tersebut. Pakan untuk ikan cupang yang paling bagus yang sering orang gunakan adalah jentik nyamuk, cacing sutra, cacing darah, dan juga kutu air pakan tersebut adalah pakan yang di anjurkan untuk ikan karna berprotein baik untuk si ikan.

Jangan lupa guys sebelum memberi makan kepada ikan alangkah baik nya jika setiap pakan di sterilisasi terlebih dahulu dengan merendam dengan obat biru (Blitzitch) supaya makanan yang kita kasih menjadi steril dan sehat dan tidak terdapat kotoran. Sobat bisa menteteskan 3 tetes Blitzitch untuk 1 kali pake kuran lebih di rendam selama 10 menit.

Dan ada beberapa makanan ikan cupang yang tidak bisa dimakan saat ikan cupang masih berusia 1 atau 2 minggu, untuk memberi makan ikan cukup 1kali dalam sehari bisa diberikan setiap pagi dan malam, bisa memberi pakan dengan kutu air atau infusoria karena ikan atau burayak yang berusia 3 hari belum bisa memakan jentik, cacing dan pellet.

Dan jangan terlalu kasih makan ikan cupang terlalu banyak karena itu bisa membuat pencernaan ikan cupang jadi susah untuk mengeluarkan kotoran nya dan dapat mengakibatkan kematian kepada si ikan tersebut.

“Kalian pasti tau dong guys di mana si habitat ikan cupang itu”?

Habitat ikan ini biasa nya kita sering menemukan nya di perairan air tawar seperti danau, sungai, rawa. sekarang ikan hias ini sudah dikembangkan oleh para breeder dan menghasilkan jenis-jenis ikan yang baru mulai dari warna dan coraknya yang berbeda.

Adaptasi ikan ini sangat lah tinggi diantaranya mampu menyesuaikan diri di tempat yang sempit dan gampang beradaptasi dengan air yang baru dan tidak memungkinkan jenis ikan lain untuk berkembangbiakan untuk ikan cupang itu sendiri biasa nya para penjual menaruh nya di toples ukuran 2Liter sampai 4Liter dan juga ada yang menaruh di Botol atau Soliter kaca.

Bahwa ikan ini sangatlah menyukai tempat yang banyak ditumbuhi tumbuhan air, hal ini berguna untuk melindungi dirinya dari burung - burung pemangsa ikan dan biasanya ikan cupang ini banyak sekali menggabungkan air dengan olahan daun ketapang kering hal ini sesuai dengan habitat asli si ikan tersebut karena fungsi daun ketapa juga banyak manfaat bisa untuk menetralkan Ph air dan juga bisa memberikan kenyamanan pada ikan tersebut.

Nah contoh ikan cupang yang nyaman dengan air nya adalah ikan cupang itu membuat sebuah buih di pinggran soliter atau toples jangan lupa supaya ikan nyaman harus di berikan olahan ketapa keting yang sudah di bersihkan dan di olah. Ketapang tersebut sudah banyak sekali di jual di media online.

Dan untuk setiap kolam untuk ikan cupang atau untuk burayak wajib sekali di beri tanaman air seperti apu apu dan tanaman air lain nya. Dan jangan lupa juga di beri ketapang supaya mencegah penyakit untuk burayak atau anak anak ikan yang baru menetas.

Nah, habitat aslinya ikan cupang sering terlihat menyembulkan ujung moncongnya muncul di permukaan air, ini karena ikan membutuhan oksigen dari udara bebas, yang kemudian oksigen tersebut akan disimpan di labirin ikan tersebut, untuk perawatan ikan cupang tidak lah di butuhkan aerator untuk oksigen karena memelihara atau perawatan ikan cupang ini sangat lah simple tapi meski begitu kita tidak boleh sembarangan dan harus memperhatikan air yang sudah kotor dan harus memperhatikan setiap makanan yang kita berikan kepada ikan tersebut.

Untuk saran menguras ikan lebih baik ikan di ganti air nya setiap 3 hari sekali hal ini bertujuan supaya ikan tetap sehat dan untuk air harus di perhatikan juga kadar ph nya biasa nya untuk air yang berlangganan dengan PDAM mengandung kaporit nah air tersebut harus kita endapkan semalaman supaya menurut kadar Ph nya dan jangan lupa untuk memberi garam ikan dan daun ketapang olahan dan juga blitzich ya guys supaya ikan kalian tetap sehat.

Labirin ini yaitu suatu alat pernapasan yang berfungsi untuk menyimpan udara yang diambil dari permukaan air. labirin itu sendiri berada di bagian insang ikan, labirin ini bertujuan membuat ikan cupang ini dapat bertahan di air yang kurang kadar oksigennyanya loh guys.

Nah, untuk reproduksi jenis ikan ini lebih dikenal dengan istilah breeding, di mana peristiwa pertemuan ikan jantan dan ikan betina yang bertujuan untuk pembuahan telur, nah banyak breeder memiliki trik untuk penjodohan ini loh salah satunya dengan menyatukan ikan dalam satu wadah besar dan ada juga proses penjodohan.

Gimana sih proses penjodohan itu? Proses penjodohan itu sendiri sama seperti trik yang pertama yang membedakan nya adalah ikan jantan atau betina di masukan di satu wadah besar tetapi jantan atau betinanya di masukan ke wadah kecil bisa menggunakan botol dan sejenisnya. Ikan jantan pada umumnya akan mengeluarkan busa dalam air untuk menaruh telur dari betina tersebut.

Dan pada saat breeding tidak memerlukan wadah yang besar, kita hanya menyediakan sterofoam kecil, dan juga baskom, Tapi sangat tidak di anjurkan ya guys untuk breeding menggunakan toples.

Pada saat breeding jangan lupa kita diberikan sedikit tanaman air seperti eceng gondok dan juga apu-apu yang bertujuan untuk jantan membuat sarang busa untuk telur. Tidak harus dengan tanaman air ya guys kalian juga bisa menaruh plastic supaya ikan mengelaurkan busanya.

Busa inilah yang nantinya bertujuan sebagai media untuk jantan meletakan telur-telurnya. Cupang memijah pada malam hari, dengan kondisi lingkungan yang sunyi.

Jika kalian ingin melakukan breeding pastikan saat breeding jangan terlalu melihat proses perkawinan atau penjodohan ikan tersebut, hal ini bisa saja membuat ikan menjadi setres dan gagal kawin akibat terlalu sering di lihat.

Dan pada saat ikan atau telur sudah menetas jangan juga terlalu banyak untuk di lihat karna bisa saja ikan jantan menjadi setres dan memakan anak nya. Oh iya pada saat kalian breeding dan berhasil telur nya menetas kalian jangan lupa pindahkan indukan betina nya karna bisa saja indukan betina juga memakan anaknya dan pada saat breeding kalian juga harus cukup memberikan pakan ke pada indukan nya ya supaya anakan nya tidak di makan oleh jantan karena kelaparan.

“Nah masalahnya dengan cara apa kita harus menjual ikan kita”?

Kemajuan teknologi saat ini sangat lah penting untuk kita seorang yang berbisnis ikan hias karena dengan adanya teknologi kita sangatlah terbantu untuk menawarkan ikan yang kita cetak hasil breeding  di social media kita. Banyak breeder atau seller ikan hias yang saat ini menjual ikan nya dengan cara berjualan online melalui beberapa media social seperti facebook dan instagram.

E-Commerce mempermudah kita untuk mencari buyer dan menawarkan ikan yang kita jual, salah satu contoh dari e-commerce misalnya pembelian barang secara online dan pembelian hewan khusus yang di perbolehkan diperjualbelikan secara online, breeder dan reseller yang menjual tidak hanya di media facebook atau pun instagram.

Sekarang zamannya digital para seller dan breeder juga memasarkan produk ikan mereka di berbagai E- commerce seperti TokoPedia, Shoppe mereka juga mempromosikan penjualan nya melalui took online hal ini yang memnyebabkan ikan atau penjualan ikan cupang bisa sampai di kirim keluar daerah dari sabang sampai marauke”(Destriana, 2019)”.

Tujuan e-commerce itu sendiri  adalah mendukung setiap penjual dan mempermudah dalam menjual produk yang dijual kepada buyer atau konsumen dan sumber daya manusia, dan keuangan, supply chain management atau logistic management juga mempengaruhi. E-commerce juga berfungsi sebagai sarana komunikasi dan informasi bagi public dengan berbasiskan internet dan membantu buyer untuk mendapatkan ikan yang di inginkan, sistem ini dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

Nah, Ikan hias ini juga merupakan salah satu ikan hias yang mudah dipelihara, dan tentu nya budidaya kan, ikan jenis ini tidak lah perlu tempat yang sangat luas dan modal yang sangat besar jika anda ingin berbisnis ikan hias jenis ini kalian bisa mulai dengan harga 500 ribu untuk 1 pasang ikan jantan dan betina.

Dan usaha ini bisa juga sebagai salah satu bisnis rumahan, dan salah satu keistimewaan ikan cupang adalah ketahanan, hebat nya ikan jenis ini sanggup hidup dalam tempat atau lingkungan air yang minim dan minim tanpa  oksigen dari aerator loh.

Kita juga bisa memelihara ikan ini di dalam toples kecil tanpa aerator, kemampuan ini didapat kerena ikan cupang memiliki rongga labirin seperti pada paru paru manusia, labirin tersebut bisa membuatnya bertahan hidup di lingkungan yang miskin oksigen.

Nah, gimana dengan bisnis ini apakah Anda tertarik? Bisnis jual beli ikan cupang ini sangatlah menjanjikan pada saat masa Covid ini guys, kita bisa jadikan bisnis jual beli ikan online sebagai salah satu bisnis yang dapat meraup keuntungan besar.

Salah satu cara untuk menjual ikan kita adalah melalui media seperti Facebook, Instagram, dan juga bisa mempromosikan  melalui YouTube dan juga bisa dijual di toko-toko online seperti Tokopedia, Lazada, Shopee .

Dengan adanya hobi ikan hias yang menghasilkan ini banyak sekali orang yang menjual ikan cupang. Meskipun banyak orang menjual ikan cupang saat pendemi, tetapi masih saja banyak peminat yang ingin memelihara ikan kecil yang indah tersebut.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.