Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Insight

Informasi

Koster, Pemimpin di Balik Keberhasilan Bali dalam Menangani Corona Tanpa PSBB

Rabu, 27 Mei 2020 | 14:39 WIB
Oleh :
Foto :
  • vstory
I Wayan Koster

VIVA – Indonesia saat ini dihadapkan dengan Pandemi Covid-19 yang menjadi sebuah permasalahan yang harus segera diselesaikan oleh Pemerintah Indonesia demi keselamatan rakyatnya. Berbagai kebijakan telah dibentuk oleh pemerintah untuk memutus penyebaran Covid-19. Salah satu kebijakannya adalah Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Pelaksanaan PSBB tertuang dalam Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) RI Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar Dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19).

Baca Juga

Penerapan PSBB telah diterapkan di beberapa daerah seperti Jabodetabek dan beberapa kota lainnya namun, penerapan PSBB dinilai kurang efektif karena masih banyak masyarakat yang tidak patuh dengan PSBB, koordinasi kurang baik antar pemerintah pusat dan daerah, kurangnya sanksi tegas, dst. sehingga tidak mengherankan angka kasus Covid-19 terus mengalami peningkatan di beberapa daerah tersebut.

Berbeda dengan daerah lainnya yang menerapkan PSBB sebagai upaya dalam mencegah penyebaran Covid-19, Bali lebih memilih tidak menerapkan PSBB. Dilansir dari situs nasional, Pemerintah Provinsi Bali dinilai berhasil dalam menangani Covid-19 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Bahkan Presiden Joko Widodo secara khusus mengapresiasi dan memuji kesuksesan penanganan Covid-19 di Provinsi Bali sebagai yang terbaik di Indonesia.

Kesuksesan tersebut dapat dilihat pada jumlah kasus Covid-19 yang ada di Bali. Dikutip dari laman resmi https://infocorona.baliprov.go.id/ per 24 Mei 2020 jumlah kasus positif mencapai 396 orang, jumlah sembuh mencapai 295 orang, dan jumlah meninggal 4 orang.

Melihat data tersebut, penanganan Covid-19 di Bali merupakan presentase tingkat kesembuhan tertinggi di Indonesia yakni mencapai sekitar 74 persen dan jumlah kematian yang minim yakni sekitar 1 persen.

Keberhasilan Bali dalam penanganan Covid-19 tidak terlepas dari peran kepemimpinan Gubernur Bali, I Wayan Koster. Tentu hal ini menjadi perbincangan yang menarik di berbagai kalangan bagaimana strategi yang dilakukan oleh I Wayan Koster untuk meredam penyebaran Covid-19 tersebut.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler