Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Kamis, 2 Juli 2020 | 10:16 WIB

Catatan Ringan: Hikmah COVID-19, Pemerintah Belanja Besar-besaran Produk UMKM

LaluMaraSatriawangsa
Foto :
  • vstory
Cintai produk-produk Indonesia.

VIVA - Pandemi Covid-19 harus diakui membuat ekonomi nasional mengalami kontraksi yang menjurus ke resesi yang berkepanjangan. Bukan saja di Indonesia, tapi seluruh negara di dunia mengalami kontraksi ekonomi yang mengarah resesi. Tak satu pun negara di dunia, termasuk Indonesia, yang tidak menerbitkan stimulus ekonomi besar-besaran untuk menahan kejatahunan ekonomi nasionalnya.

Dana Moneter Internasional (IMF) memprediksikan pandemi Covid-19 akan menjadi peristiwa resesi terparah sejak The Great Depression era 1930-an, satu abad yang lalu. Hampir seluruh sektor ekonomi di dunia lumpuh total. Maskapai hingga industri manufaktur mengurangi operasional. Bahkan sebagian besar berhenti beroperasi akibat kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dan atau lockdown (isolasi).

Baca Juga

IMF memperkirakan bahwa produk domestik bruto global akan menyusut 3 persen tahun ini. "Untuk pertama kalinya sejak The Great Depression baik negara maju dan negara berkembang berada dalam resesi," ungkap Kepala Ekonom IMF Gita Gopinath, dikutip dari berbagai media daring, beberapa waktu lalu.

Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi (OECD) memroyeksi pertumbuhan ekonomi Indonesia mengalami kontraksi atau minus 2,8 persen hingga 3,9 persen. Meski kuartal pertama tahun 2020 pertumbuhan ekonomi Indonesia postif 2,97 persen, tapi pada kuartal kedua Menteri Keuangan Sri Mulyani memperkirakan perekonomian nasional tumbuh negatif hingga 3,1 persen.

Berat dan sulit. Tapi yakinlah di balik kesulitan ada kemudahan yang begitu dekat. Kita patut bersyukur, dibanding negara lain, Indonesia masih diuntungkan dengan jumlah penduduk besar yang artinya konsumsi dalam negeri masih bisa diharapkan menahan kejatuhan ekonomi agar tidak terlalu dalam. Dan yang bisa melakukannya adalah geliat UMKM. Selama ini UMKM sudah membuktikan di saat krisis ekonomi sebagai penyangga perekonomian nasional.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpapar Corona, Ini Data Tenaga Medis Meninggal Dunia
TVONE NEWS - 4 bulan lalu
Terpopuler