Pentingnya Pemahaman Covid-19 pada Warga Sekitar

Muhammad Farhan Hermawan (21) sedang melakukan sosialisasi kepada salah satu warga di RT 002 / RW 012 Kec. Bukit Raya, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau
Sumber :
  • vstory

VIVA – Dalam rangka kegiatan KKN UNS era Covid-19, Muhammad Farhan Hermawan (E0017314) selaku mahasiswa yang melakukan KKN di Kota Pekanbaru tepatnya di RT 002/ RW 012 Kecamatan Bukit Raya, Kota Pekanbaru dengan arahan dari Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Eksa Rusdiyana, S.P., M.Sc  mengadakan kegiatan edukasi mengenai Covid-19.

Dimana, tujuannya ingin memberikan dan mengedukasi masyarakat mengenai Alat Pelindung Diri (APD) berupa masker dan hand sanitizer, serta tidak ketinggalan pula untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di lingkungan RT 002/ RW 012 Kecamatan Bukit Raya.

Kegiatan KKN UNS era Covid-19 Batch 1 tersebut dilaksanakan pada tanggal 1 Mei 2020 hingga 19 Juni 2020. Pada rentang waktu tersebut, telah diadakan beberapa program kerja atau kegiatan guna mencapai tujuan dari KKN tersebut. Kegiatan-kegiatan tersebut antara lain, edukasi kepada masyarakat melalui sarana masker, serta penyemprotan cairan desinfektan di lingkungan RT 002/ RW 012 Kecamatan Bukit Raya.

Masker kain dan hand sanitizer diberikan dengan cara mendatangi rumah-rumah warga serta tidak lupa pula untuk memberikan edukasi tentang tata cara penggunaan masker yang baik dan benar, mengenai cara mencuci masker yang tepat, kapan saat yang tepat untuk menggunakan masker dan hand sanitizer serta pentingnya menggunakan hand sanitizer setelah menyentuh benda yang berada di area luar rumah.

Diharapkan dengan adanya masker kain yang dibagikan dapat memberikan pemahaman yang lebih mengenai wabah Covid-19 tersebut dan juga mengetahui pula bagaimana mencegah penularannya. Program lainnya yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN UNS era Covid-19 di wilayah Dusun Karangmojo yakni adalah penyemprotan cairan desinfektan pada rumah-rumah warga dan masjid. Penyemprotan dilakukan sebanyak dua kali, demi memastikan bahwa di RT 002/ RW 012 Kecamatan Bukit Raya tidak ada warga yang positif Covid-19.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.