Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Pilkada

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Pendidikan Sudah Digratiskan, Tapi...

Senin, 26 Oktober 2020 | 09:52 WIB
Oleh :
Foto :
  • vstory
Siswa Sedang Diskusi

VIVA – Sekolah gratis bukanlah sesuatu yang harus diminta warga negara karena itu sudah menjadi hak bagi setiap warga negara, karena Pendidikan adalah salah satu elemen penting di dalam suatu negara, untuk itu negara wajib menjamin pendidkan warga negaranya.

Pendidikan juga merupakan salah satu barometer penilian tingkat sumber daya manusia (SDM) dalam suatu negara itu, maka siapa pun menjadi kepala negara sudah menjadi kewajibannya untuk memperhatikan pendidikan rakyatnya.

Baca Juga

Hal ini dijelaskan dalam pasal 31 UUD 1945 amandemen mengatakan: “(1) Setiap warga negara berhak mendapat pendidikan, (2) Setiap warga negara wajib mengikuti pendidikan dasar dan pemerintah wajib membiayainya”. 

Berdasarkan pasal 31 ini, negara memiliki dua kewajiban yaitu: menyelenggarakan pendidikan bagi setiap warga negara, dan membiayai pendidikan bagi warga negara.

Menyelenggarakan pendidikan berarti negara harus menyediakan tempat/sekolah, pendidik, sarana dan prasarana sehingga kegiatan belajar mengajar tersebut bisa berjalan. Membiayai pendidikan artinya negara harus menyediakan dana/anggaran agar kegiatan belajar-mengajar yang melibatkan pendidik, sekolah, sarana dan prasana bisa teralisir.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler