Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Pilkada

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Lintas

Informasi

Keuntungan Menggiurkan Budidaya Padi Organik

Senin, 26 Oktober 2020 | 16:54 WIB
Oleh :
Foto :
  • U-Report
Ilustrasi padi.

VIVA – Saat ini sedang tren budidaya berbagai tanaman secara organik, tidak terkecuali budidaya padi organik. Permintaan tanaman organik memulai meningkat di pasaran, sebagian masyarakat mulai sadar akan manfaat besar yang diberikan oleh tanaman yang dibudidaya secara organik.

Sehingga tidak sedikit para petani padi yang mulai beralih dari budidaya padi secara konvensional ke budidaya secara organik setelah melihat peluang pasarnya yang menjanjikan. Padi organik sendiri merupakan jenis budidaya padi yang dilakukan secara menyeluruh dari proses produksi, sampai proses pengolahan hasil yang dikelola secara alami dan ramah lingkunagan tanpa penggunaan bahan kimia dan tanpa rekayasa genetik, sehingga menghasilkan produk padi yang sehat dan bergizi.

Baca Juga

Kesadaran akan dampak negatif yang ditimbulkan dari penggunaan bahan kimia sintesis dalam pertanian. Membuat pertanian secara organik menarik perhatian baik ditingkat produsen maupun konsumen. Para konsumen akan cenderung untuk memilih produk pangan yang aman bagi kesehatan dan ramah lingkungan, sehingga membuat meningkatnya permintaan produk organik.

Keuntungan Budidaya Padi Organik

Hingga saat ini tidak bisa dipungkiri, bahwa pengggunaan pertisida oleh para petani seakan hal yang wajib untuk mendapatkan panen yang besar. Walaupun penggunaan pestisida memiliki dampak yang buruk bagi lingkungan juga manusia, namun masih tinggi tingkat penggunaannya di kalanagan petani. Bahkan menurut beberapa penelitian yang pernah dilakukan, hasil panen yang menggunkan pestisida dapat menurunkan kesehatan manusia.

Untuk mengurangi dampak negatif tersebut, mulai dikenalkan pertanian secara organik untuk mencegah beberapa penyakit pada manusia. Namun walaupun mempunyai banyak manfaat dan keuntungan tidak sedikit petani yang masih ragu menerapkan pertanian secara organik pada tanamannya.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler