Generasi Milenial Berani untuk Menulis

Edukasi literasi pada generasi milenial.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Generasi milenial adalah generasi emas yang bisa membuat suatu perubahan, sangat disayangkan jika generasi milenial memiliki ketakutan atau ketidakyakinan dalam menulis. Pasti ada rasa takut dan khawatir tentang kalimat atau kata dalam tulisan yang dipandang tidak layak pakai.

Menulis itu adalah sebuah kebiasaan dan keberanian. Seorang penulis profesional dulunya adalah seorang pembaca, bahkan mereka juga pernah salah dalam hal menulis.

Menurut keterangan Reka Yuli Maharani S.Pd selaku guru sekolah Swasta di Depok Baru mengatakan, ” Ya kegiatan menulis harus ditanamkan sejak dini, agar siswa lebih berani dan aktif pada suatu kegiatan pembelajaran, selain dari itu kegiatan menulis dapat meningkatkan kreativitas siswa dalam berpola pikir dan keuntungan lainnya didapat dari penambahan kosakata baru untuk nya, mudah nya siswa untuk beradaptasi dengan lingkungan dan meningkatkan progres siswa dalam komunikasi,” ujarnya.

Menjadi penulis yang baik bukan tentang siapa yang salah tetapi mengoreksi tanpa lelah. Menulis lah dengan kebiasaan, tanpa kebiasaan kita tidak mengerti bagaimana untuk menulis.

”Seperti kita naik motor, semua berasal dari keinginan dan keberanian untuk belajar, sekali dua kali pasti kita pernah terjatuh, tetapi dengan kebiasaan kita mengerti, bagaimana cara menarik gas motor berdasarkan dengan kondisi yang stabil, tergantung pada situasi dan tempat, kalau di jalan raya kita harus menarik gas 60 km, ketika di jalan kecil kita harus tarik gas 20 atau 10 km,” tegasnya.

Sama halnya dengan ketika kita menulis, semua dari awal mencoba yang akan menjadi hal yang terbiasa. Dengan keterbiasaan kita mengerti pada situasi dan tempat dalam penggunaan kata atau aksara yang kita taruh.

Menulis bisa mengubah cara berpikir seseorang, bahkan hanya dengan sebuah tulisan seseorang dapat mengubah dunia. Jadilah generasi milenial yang ‘berani, belajar, bertumbuh dan berkembang’ dalam menulis.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.