4 Tips Membangun Bisnis Makanan di Masa Pandemi Covid-19

Gambar - Bisnis Kuliner ©Viva.co.id
Sumber :
  • vstory

VIVA – Sudah lebih dari 1 tahun pandemi Covid-19 menyerang negara Indonesia, banyak lho hal yang berubah dari segala hal, termasuk dalam bidang ekonomi. Hal ini yang menyebabkan banyak dari kamu yang diberhentikan perusahaan ataupun pabrik karena membuat keuangan perusahaan memungkinkan stabil, tapi banyak dari kita terkena dampak buruk ini. Bagi Indonesia karena membuat jumlah pengangguran terus bertambah.

Di tengah pandemi Covid-19 ini kamu harus tetap berjuang untuk terus hidup, untuk kamu semua yang sedang bingung bagaimana cara memulai bisnis makanan bagi pemula aku akan memberikan tipsnya. Berikut tips membangun bisnis makanan di masa pandemi Covid-19.

1. Menentukan jenis makanan yang akan dijual

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan jenis makanan yang akan kamu jual. Kamu bisa memilih jenis makanan atau minuman yang sedang populer, tentunya akan mudah dilirik dan dicari oleh orang-orang.

Tetapi yang perlu kamu ketahui sebagai alternatif lain kamu juga bisa memilih jenis makanan yang sebelumnya kurang popular dan jarang ada di daerah kamu sendiri, tentunya akan menarik perhatian orang-orang karena mereka pasti penasaran dengan apa yang kamu jual. Dengan hal ini sama dengan yang terjadi ketika es kepal milo, sosis telur, tahu petis, atau es boba di awal kemunculan berbagai jenis makanan itu.

2. Mencari tempat berjualan yang strategis

Perlu diingat lho! Anda harus memilih tempat berjualan yang strategis, pilihlah tempat di jalan poros karena banyak dilalui orang dan akan lebih baik jika memilih tempat yang sejajar atau dekat dengan penjual makanan lain agar lebih mudah menarik minat pembeli. Jangan pilih tempat yang dekat dengan penjual yang jenis makanannya sama dengan kita karena akan menambah persaingan kamu nantinya makin ketat.

3. Menyiapkan alat dan bahan untuk dijual

Setelah menemukan tempat berjualan kamu harus segera menyiapkan alat dan bahan dagangan, seperti gerobak, meja, stand, bahan makanan, atau juga alat-alat sperti piring, kompor, dan alat lain yang kamu butuhkan. Kamu harus mencari distributor dalam membeli bahan makanan karena dengan begitu akan mendapat harga yang lebih murah dari swalayan dan kamu juga bisa mendapat untung dengan menjual makanan dengan harga yang lebih tinggi.

4. Memulai melakukan promosi
Nah, promosi untuk sekarang pasti kamu semua sudah mengetahui berbagai macam aplikasi yang bisa kita lakukan untuk mempromosikan barang yang mau kamu jual. kamu sudah mulai membuka usaha tersebut, mulailah melakukan promosi di berbagai media sosial.

Selain itu kamu juga bisa mengadakan berbagai promo, seperti buy 1 get 1 atau gratis ongkir pada minimum pembelian tertentu agar menarik minat pelanggan. Usahakan untuk mendaftarkan makanan anda di toko online atau membuka layanan pesan antar sendiri untuk mempermudah pembeli.



Masa pandemi Covid-19 memang membuat kita sulit, namun itu tentu bukan alasan kita untuk menyerah dengan keadaan karena kita harus tetap bangkit.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.