Halo
Pembaca

VIVANetworks

News

Bola

Sport

Showbiz

LifeStyle

Otomotif

Digital

Ragam

Militer

Netizen

Insight

Informasi

Ridwan Kamil dan Media Sosialnya dalam Menyikapi Pandemi COVID-19

Minggu, 13 Juni 2021 | 17:09 WIB
Oleh :
Foto :
  • vstory
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil. (Instagram/ridwankamil)

VIVA – Mochamad Ridwan Kamil atau yang biasa disapa Kang Emil merupakan Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023, sebelumnya ia merupakan Wali kota Kota Bandung Periode 2013-2018.

Selama masa kepemimpinannya, Kang Emil dikenal sebagai pemimpin kekinian karena ia menggunakan media sosial untuk berinteraksi dengan masyarakatnya. Kang Emil memanfaatkan beberapa situs media jejaring sosial, seperti instagram (instagram.com/ridwankamil) dan twitter (twitter.com/ridwankamil) yang dikelola sendiri oleh beliau, serta facebook (facebook.com/mochamadridwankamil) yang dikelola oleh seorang admin yang ditunjuk langsung olehnya.

Baca Juga

Di era pandemi Covid-19, penggunaan media sosial dianggap sebagai alat komunikasi yang paling efektif bagi Kang Emil untuk menyampaikan informasi terkini terkait Covid-19 di Jawa Barat. Tidak dapat dipungkiri, di era digital sekarang ini masyarakat lebih banyak menghabiskan waktunya untuk mencari berita melalui media sosial, dibandingkan media lainnya.

Pernyataan diatas didukung oleh hasil laporan “Digital 2021: Latest Insights Into the State of Digital” yang dirilis oleh layanan manajemen konten HootSuite dan agensi pemasaran media sosial We Are Social, yang melaporkan bahwa pengguna aktif media sosial di Indonesia mencapai 170 juta dari total populasi Indonesia sebanyak 274,9 Juta.

Kang Emil dalam acara Konvensi Nasional Humas Pemerintah 2020 di Gedung Pakuan, Kota Bandung, juga mengatakan bahwa di era sekarang informasi yang disampaikan dengan gaya non formal dan santai melalui media sosial akan membuat masyarakat Jawa Barat merasa lebih dekat dengannya. Hal tersebut yang nantinya juga dapat membangun kepercayaan masyarakat Jawa Barat terhadap program-program yang dilakukan oleh beliau di masa pandemi Covid-19.

Komunikasi Kepemimpinan Ridwan Kamil

Deborah Barrett (2014) dalam bukunya yang berjudul Leadership Communication menyatakan bahwa kemampuan yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin agar komunikasinya efektif yaitu kemampuan dalam memilih media yang sesuai dan menyusun pesan yang dapat dipahami oleh seluruh pembaca atau pendengar.

Topik Terkait
Saksikan Juga
Terpopuler