Pentingnya Membentuk Kepribadian pada Merek dalam Berbisnis

Merek.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Dalam perekonomian saat ini, masyarakat dibanjiri dengan pilihan produk dan layanan yang ditawarkan oleh berbagai bisnis. Sebenarnya ada berbagai faktor yang memengaruhi pengambilan keputusan di kalangan konsumen.

Manusia adalah makhluk emosional, impuls emosional adalah variabel yang sering menentukan bagaimana kita membuat keputusan. Oleh karena itu, dalam pemasaran digital, para pebisnis perlu mempertimbangkan bagaimana emosi dapat mempengaruhi orang dan menyesuaikan konsep ini dalam strategi branding mereka.

Konsumen secara tidak sadar cenderung berinteraksi dengan merek yang mencerminkan konsep diri mereka sendiri atau merek yang memiliki jenis kepribadian yang ideal bagi mereka. Menurut penelitian, konsumen memandang merek sebagai personifikasi bisnis dan pada akhirnya menentukan bagaimana mereka membuat keputusan untuk membeli suatu produk.

Merek yang efektif meningkatkan ekuitas mereknya dengan memiliki seperangkat sifat yang konsisten yang dinikmati oleh segmen konsumen tertentu. Kepribadian ini adalah nilai tambah kualitatif yang diperoleh merek selain manfaat fungsionalnya dan dapat mengambil beragam bentuk.

Misalnya, sebuah merek tertentu mungkin menggambarkan ketulusan, kegembiraan, kompetensi, kecanggihan, dan kekasaran. Oleh karena itu, konsumen sering memilih dan menggunakan merek dengan kepribadian merek yang konsisten dengan konsep-diri mereka.

Kepribadian merek perusahaan memunculkan respons emosional dalam segmen konsumen tertentu, dengan tujuan menghasut tindakan positif yang menguntungkan perusahaan. Beberapa merek berfokus pada glamor dan trendi, yang menarik basis konsumen dengan pengeluaran tinggi. Lainnya condong ke arah kecanggihan dan inovatif.

Merek atau brand sering diidentifikasi sebagai simbol atau nama dari sebuah produk atau jasa. Dengan anda melihat sebuah merek maka secara psikologi anda akan terpikir pada sebuah produk atau jasa. Merek juga merupakan salah satu faktor pendorong bagi konsumen untuk membeli sebuah produk.

Merek adalah nama atau simbol yang bersifat membedakan untuk menjelaskan barang atau jasa dari kelompok. Merek digunakan untuk pembeda barang atau jasa yang diproduksi agar konsumen dapat membedakannya.

Brand personality (Kepribadian merek) adalah topik yang menarik dan penting dalam penelitian bidang marketing saat ini karena dapat membantu untuk membedakan merek dengan merek lainnya, membangun aspek emosional, dan memperbesar makna personal suatu merek.

Kepribadian merek terbentuk melalui sikap konsumen terhadap merek tertentu. Dengan kata lain, kepribadian suatu merek berada dibenak atau persepsi konsumen yang terbentuk secara langsung maupun tidak langsung melalui pengalaman langsung dalam menggunakan produk atau melalui usaha pemasaran. Kepribadian merek dibentuk melalui nama merek, simbol atau logo, iklan, atribut produk, dan juru bicara.

Alasan mengapa pentingnya kepribadian merek bagi sebuah bisnis :

1.     Membantu Merek Anda Menonjol di Atas Persaingan

Setiap hari orang-orang dihadapkan dengan ribuan penawaran dari berbagai merek dan juga harus berurusan dengan jadwal sibuk mereka – terlalu banyak hal yang harus diperhatikan. Untuk menembus kebisingan, merek perlu membuat kepribadian yang jelas dan mencuri perhatian pelanggan. Memanusiakan merek Anda adalah strategi diferensiasi yang baik karena Anda menunjukkan kepada pelanggan sesuatu yang lebih istimewa dibandingkan pesaing lainnya. Menentukan kepribadian merek Anda berarti Anda memudahkan pelanggan untuk mengenali Anda karena Anda memiliki gaya yang konsisten dan jelas. Akibatnya, merek Anda akan menonjol di tengah keramaian.

2.     Mengomunikasikan Kualitas atau Nilai Anda

Kepribadian merek dapat membantu sebuah bisnis memperkuat cara mengomunikasikan cerita Anda bersama dengan pesan Anda. Terlebih lagi, ketika Anda menunjukkan nilai baik Anda, itu dapat membantu merek Anda dipandang sebagai sebuah merek yang dapat dipercaya dan menarik para pelanggan untuk berkomitmen dengan merek Anda.

3.     Mendukung Konsistensi

Dalam mempertahankan kepribadian merek, konsistensi adalah bagian penting dari proses tersebut. Ketidakkonsistenan ini akan membuat audiens bingung karena mereka akan memiliki gagasan yang kabur tentang di mana merek Anda berdiri. Kepribadian merek yang kuat membantu menciptakan konsistensi di seluruh platform, baik itu situs web Anda atau postingan Anda di saluran-saluran media sosial. Hal ini akan membuat pelanggan merasa yakin dan aman tentang merek Anda dan pada akhirnya meningkatkan pendapatan Anda.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.