Apa Pentingnya Sistem Informasi Manajemen di Masa Pandemi?

Ilustrasi sekolah online.
Sumber :
  • vstory

VIVA – Di era pandemi seperti saat ini, teknologi informasi berkembang dengan pesatnya. Awalnya, teknologi informasi tidak terlalu banyak digunakan, namun dengan adanya pandemi banyak manusia mencari informasi melalui berbagai macam teknologi informasi seperti handphone (HP), televisi, komputer/laptop, dan media elektronik lainnya.

Hingga saat ini muncul Sistem Informasi Manajemen (SIM) yang dapat memudahkan semua pihak dalam mengakses sebuah informasi.

Sistem Informasi Manajemen (SIM) adalah suatu perangkat sistem perencanaan organisasi untuk mengumpulkan, menyimpan, dan menyebarluaskan data informasi yang memiliki peran penting  untuk melaksanakan berbagai fungsi manajemen  dan memiliki prosedur  kerja dalam pengendalian internal.

Cara kerja SIM yaitu dimulai dari pengolahan  dengan menangkap, menyimpan, mengambil, memanipulasi dan menampilkan data kemudian disimpan dalam database terpusat di mana informasi dapat diakses dan di-update oleh semua orang yang memiliki wewenang sesuai dengan tujuan mereka.

Sedangkan manfaat SIM itu sendiri adalah meningkatkan akurasi data, meningkatkan kualitas SDM, memudahkan orang/departemen dalam mengkoordinasi.

Dalam keadaan seperti saat ini SIM sangat dibutuhkan karena semua orang menggunakan teknologi informasi salah satu contohnya adalah dalam fasilitas kesehatan dan fasilitas pendidikan. 

Untuk fasilitas kesehatan seperti yang kita ketahui untuk mendapatkan informasi kesehatan dari media elektronik seperti halnya adanya vaksinasi kita dapat mendaftar dan menerima sertifikat vaksin di suatu link yang telah disediakan dengan melalui media elektronik.

Dan untuk para mahasiswa yang biasanya belajar secara langsung di sekolah saat ini harus menggunakan teknologi informasi dan melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Oleh karena itu, pendemi menyebabkan perkembangan teknologi menjadi semakin pesat.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.