7 Keuntungan Menggunakan Sosial Media Analytics

analisa.io
Sumber :
  • vstory

VIVA – Media sosial memberikan banyak sekali keuntungan. Bagi dunia usaha misalnya, media sosial berperan memberi peluang bisnis yang cukup luas, karena bisa terhubung dengan banyak pelanggan dari berbagai tempat dalam satu waktu.

Walaupun media sosial merupakan media digital marketing yang sangat efektif, namun kehadirannya tidak menjamin kesuksesan usaha Anda tanpa adanya strategi yang tepat untuk mengidentifikasi keinginan followers atau pelanggan Anda.

Untuk itulah peran media sosial analitik diperlukan. Berikut ini adalah 5 keuntungan
menggunakan media sosial analitik untuk usaha Anda.

1. Membantu Analisa Pengikut (Followers)
Mencari tahu, latar belakang follower dapat membantu Anda memahami mereka dengan baik. Hal ini menguntungkan Anda dalam banyak hal, seperti mengetahui daftar pengikut yang potensial menjadi bahan prospek, mengetahui waktu  yang tepat untuk membuat postingan dan menjadikan akun media sosial Anda lebih r amah pelanggan.

2. Menunjukkan Sosial Media Terbaik Untuk Usaha Anda
Keuntungan menggunakan media sosial analitik selanjutnya adalah menunjukan sosial media terbaik untuk usaha Anda. Sudah bukan rahasia lagi, bahwa pengguna jejaring sosial cukup banyak. Sebut saja facebook yang memiliki lebih dari 2 miliar pengguna dan Instagram memiliki lebih dari 800 juta pengguna. Hal ini dapat digunakan sebagai peluang bisnis.

Salah satu cara untuk bisa melihat jejaring sosial mana yang paling banyak membawa impact untuk usaha Anda adalah dengan melakukan eksperimen dan menggunakan sosial media analitik untuk dapat mengukur umpan balik followers ( feedback), lalu lintas serta hasil penjualan yang diperoleh.

3. Membantu Membuat Konten yang Lebih Baik dari Sebelumnya
Media sosial analitik dapat membantu Anda untuk membuat konten yang lebih baik dari sebelumnya. Hal ini dikarenakan, media sosial analitik dapat memberikan banyak informasi menarik terkait konten yang sedang tren dan banyak disukai oleh pengikut Anda. Hal tersebut tentunya dapat dijadikan insight positif, untuk membuat konten yang semakin baik dari waktu ke waktu. 

4. Menganalisis Pesaing
Segala Informasi tentang pesaing, dapat membantu anda dalam membuat keputusan yang lebih baik. Jika pesaing usaha melakukan kesalahan, sosial media analitik dapat membantu anda memberikan informasi terkait kesalahan tersebut, sehingga anda dapat belajar untuk tidak melakukan kesalahan, seperti kompetitor anda lakukan.

5. Melacak Kinerja Social Media Campaign yang Telah Dibuat
Anda dapat melacak kinerja kampanye media sosial atau Social Media Campaign yang pernah dibuat, apakah sudah menuai hasil yang diharapkan sesuai KPI (Key Performance Indicator) yang sebelumnya sudah ditentukan. Jika belum berhasil,
Anda dapat melakukan perubahan dan memperbaikinya.

6. Mengidentifikasi Influencer
Keuntungan lain yang bisa Anda dapatkan dari sosial media analitik, Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi influencer yang cocok dan tepat untuk mempromosikan usaha Anda, dengan melihat data terkait influencer, seperti jumlah follower dan latar belakang pengikut dari influencer. Influencer akan membagikan konten Anda kepada followers mereka. Hal ini dapat memperluas jangkauan usaha Anda.

Selain itu, sosial media analitik juga dapat membantu Anda terhubung dengan influencer yang Anda inginkan. Terdapat beberapa tools yang memungkinkan Anda melihat postingan influencer. serta menyoroti topik apa yang mereka minati.

7. Menyajikan Laporan yang Lebih Baik
Keuntungan besar lainnya dari penggunaan media sosial analitik, Anda tidak perlu repot membuat laporan. Banyak media sosial analitik yang memiliki kemampuan untuk mengekspor data ke dalam format Excel, PDF, PNG dan CSV. Laporan tersebut dapat diintegrasikan ke dalam laporan mingguan atau bulanan. Cukup memudahkan bukan!

Salah satu rekomendasi media sosial analitik terbaik untuk instagram dan tiktok adalah Analisis.io. Platform ini merupakan analitik sosial Instagram dan Tiktok pertama di dunia yang didukung oleh teknologi canggih yaitu AI (Artificial Intelligence) yang dapat menganalisis profil publik atau tagar apapun secara akurat. Untuk membantu kesuksesan digital marketing melalui sosial media.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.