Mengoptimalkan Fungsi Positif Gadget bagi Anak

Bijak menggunakan gadget
Sumber :
  • vstory

VIVA – Hal yang sering dilupakan masyarakat ketika menggunakan smartphone adalah menyesuaikan diri dengan gadget yang pintar itu. Artinya kita seharusnya jangan kalah pintar dengan gadget sehingga bisa menggunakan dengan pintar juga, dengan bijak.

Kebijaksanaan yang lebih tinggi dalam menggunakan gadget diperlukan saat fungsi telepon genggam menjadi jauh lebih luas. Bila sebelumnya fungsi telepon genggam hanya untuk telepon dan sms, kini dengan kemampuan mengakses internet ada banyak fungsi yang bisa dilakukan oleh telepon genggam.

Mulai dari mangakses media sosial, chatting, game, memutar video dan beragam program aplikasi lainnya. Karena itulah ia disebut smartphone atau telepon pintar.

Banyaknya fitur dalam telepon pintar memungkinkan kita bisa menyebarkan kebaikan dengan mudah. Tetapi menyebarkan ketidakbaikan pun sangat mudah. Oleh karena itu perlu pengendalian, cara khusus untuk menyaringnya.

Berikut ini tips bagi orangtua agar dapat mengoptimalkan fungsi positif gadget dalam keluarga.

Pertama, orangtua harus membekali diri lebih dahulu tentang perkembangan teknologi saat ini dengan cara mencari informasi mengenai jenis-jenis gadget, aplikasi yang sesuai untuk anak, jenis-jenis game yang kurang baik, berbau pornografi dan kekerasaan.

Kedua, setelah cukup informasi, pilihlah aplikasi dan jenis video yang memang cocok dengan usia anak lalu simpan dalam gadget.

Ketiga, berilah jadwal untuk anak menggunakan gadget.

Keempat, jika tidak bisa mendampingi, maka izinkan anak bermain gadget hanya dengan aplikasi yang sudah disimpan orangtua di dalam gadget. Tidak boleh mengundung game yang lain.

Kelima, sebisa mungkin dampingi anak jika anak mengakses YouTube dan internet.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.