Perbedaan Internet Dedicated dan Up To Shared Bandwidth

Perbedaan Internet Dedicated dan Up To Shared Bandwidth | Saat ini jaringan internet sudah semakin luas tersedia untuk banyak orang.
Sumber :
  • vstory

VIVA –  Saat ini jaringan internet sudah semakin luas tersedia untuk banyak orang. Namun, tahukah Anda bahwa terdapat beberapa jenis jaringan internet yang tersedia saat ini?

Mungkin Anda pernah mendengar istilah Dedicated Bandwidth dan Shared/Up to Bandwith ? Pada artikel kali ini, kita akan mengulas kedua istilah itu. Berikut Ulasannya.

Perbedaan Internet Dedicated dan Up To Shared Bandwidth

Apa itu Dedicated Bandwith?

Dedicated Bandwidth merupakan jenis jaringan yang memiliki rasio bandwith 1:1 yang memiliki arti bahwa bandwidth yang Anda gunakan tidak terbagi dengan user lain. Sebagai contoh, jika Anda menggunakan dedicated bandwidth dengan kecepatan 15 Mbps, maka Anda akan mendapatkan bandwidth 15 Mbps pula tanpa terbagi.

Untuk jaringan internet dengan dedicated bandwith biasa digunakan untuk kebutuhan bisnis yang memang membutuhkan bandwidth besar. Dedicated Bandwidth memang sangat cocok untuk aktivitas bisnis yang menuntut koneksi internet tanpa putus dan cepat.

Konektivitas antar divisi dan pekerja sangat ditekankan untuk kelancaran bisnis. Maka bandwidth besar menjadi pilihan tepat untuk bisnis Anda.

Internet dengan Up To Bandwidth

Selain Dedicated Bandwidth, terdapat juga internet dengan Up To/Shared Bandwidth. Apa itu Up To / Shared Bandwidth? Up To atau Shared Bandwith adalah jenis jaringan dengan bandwidth terbagi.

Sebagai contoh, jika Anda berlangganan sebuah layanan internet dengan bandwidth 15 Mbps, maka 15 Mbps tersebut akan terbagi dengan pengguna lain.

Dari 15 Mbps tersebut, bandwith yang Anda dapatkan akan di bawah itu. Dan pada bandwith jenis ini, jumlah pengguna akan mempengaruhi performa koneksi internet anda. Hal ini dikarenakan 15 Mbps tersebut akan terbagi dengan jumlah user yang memakai jaringan tersebut. Misal ada 10 pengguna, maka bandwidth tersebut akan terbagi 10 pengguna pula.

Jaringan internet jenis ini biasa digunakan untuk penggunaan internet personal atau penggunaan yang tidak membutuhkan bandwidth besar. Penggunaan internet jenis ini hanya untuk sebatas browsing, streaming video, dan gaming kelas ringan. Aktivitas-aktivitas harian perumahan pada umumnya memang cocok menggunakan internet jenis ini.

Perbandingan Bandwith Dedicated  dan Up To / Shared

Jika dibandingkan dari segi kecepatan, Dedicated Bandwidth lebih unggul dibanding Up To Bandwith. Hal ini dikarenakan bandwidth yang digunakan tiap user tidak terbagi dengan user lain. Dan jika Dibandingkan dari segi kecepatan upload dan download. Dedicated bandwidth masih unggul dengan kecepatan download dan upload yang sama cepatnya. 

Jika Anda sedang memilih layanan internet seperti apa yang cocok untuk Anda? Maka kami menyarankan kepada Anda untuk memperhitungkan kebutuhan Anda dalam berinternet.

apakah untuk aktivitas harian seperti browsing, streaming video, gaming, atau untuk aktivitas bisnis seperti mengirim dan menerima berkas ukuran besar. Jika Anda membutuhkan internet untuk kebutuhan harian, maka koneksi dengan sistem Up To sudah cukup meng-cover kebutuhan Anda.

Namun jika Anda menggunakan internet untuk bisnis, kami menyarankan Anda untuk menggunakan koneksi internet dengan sistem dedicated bandwidth.

Disclaimer: Artikel ini adalah kiriman dari pengguna VIVA.co.id yang diposting di kanal VStory yang berbasis user generate content (UGC). Semua isi tulisan dan konten di dalamnya sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis atau pengguna.