BUMN Siap Beli Newmont

Usia Tambang Newmont Tinggal 10 Tahun Lagi

VIVAnews - Minat pemerintah membeli saham PT Newmont Nusa Tenggara bisa jadi bakal buyar kembali. Pasalnya, usia tambang Newmont di NTB ternyata tinggal 10 tahun lagi.

Sumber VIVAnews mengungkapkan sesungguhnya Newmont tidak keberatan menjual semua saham sesuai dengan kewajiban yang tertuang dalam kontrak karya. Total saham yang harus dijual dari 2006 - 2010 sebesar 31 persen saham.

"Pertanyaannya, ketika ditawarkan, yang mau beli tidak punya uang," ujar sumber itu di Jakarta, Selasa pagi, 28 April 2009.

Daftar Harga Pangan 24 April 2024: Beras hingga Gula Konsumsi Naik

Sesuai dengan keputusan arbitrase internasional, Newmont dianggap melanggar perjanjian kontrak karya karena gagal menjual sahamnya ke pihak Indonesia pada 2006 - 2008. Karena itu, Newmont diwajibkan untuk menjual sahamnya kembali ke Indonesia.

Sumber itu mengelak batalnya pembelian selama beberapa tahun lalu karena harga yang ditawarkan Newmont terlalu mahal. Sebab, harga pembelian saham tersebut ditentukan oleh pemerintah.

Sekarang, menurut dia, Newmont akan kembali menawarkan saham kepada pemerintah. Saham yang ditawarkan itu mencakup 17 persen saham yang penjualannya tertunda tiga tahun lalu, serta 7 persen saham yang musti dijual tahun ini.

Lagi-lagi, kata dia, apakah ada duit untuk membeli saham itu. Jika pembelian itu mengandalkan pinjaman dari bank, dia mengingatkan apakah ada bank yang bersedia memberi pinjaman yang pengembaliannya bisa belasan tahun. "Padahal, usia tambang ini mungkin tinggal 10 tahun lagi."

Sesuai dengan kontrak karya yang diteken pada 1984, perjanjian tersebut berlaku untuk jangka waktu 30 tahun setelah produksi. Tambang Batu Hijau, Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat mulai berproduksi pada 1986. Karena itu, jika mengacu pada kontrak karya, maka perjanjian akan berakhir pada 2016.

Menurut seorang pejabat Departemen Energi, cadangan emas maupun tembaga sangat fluktuatif memang sangat tergantung harga emas dan tembaga. Misalnya, saat harga emas tinggi, tambang dengan kadar emas 2 persen bisa ditambang.

Pencalonan Pilgub Jabar, Dedi Mulyadi: Jangankan Maju, Mundur Saja Siap

Tapi saat harga emas turun seperti sekarang, perusahaan hanya akan menambang dengan kadar emas di atas 3 persen. Jika harga emas turun, cadangan emas juga ikut turun.

"Jadi, mungkin saja emas di sana tinggal 10 tahun," kata pejabat yang pernah menangani Newmont ini. "Tapi kalau harga emas naik, pasti cadangan ini akan bertambang lebih dari 10 tahun."

Bumi Resources Raih Laba Bersih US$67,63 Juta di Kuartal I-2024

Kementerian BUMN mendorong agar BUMN tambang membentuk konsorsium untuk membeli saham Newmont. Sumber dananya, selain dari dana internal, juga bisa mengandalkan dana dari perbankan.

Aura Jeixy Teman Chandrika Chika

Sosok Pria yang Ikut Terseret Kasus Narkoba Chandrika Chika, Ternyata Bukan Orang Sembarangan

Masyarakat sedang ramai membicarakan penangkapan enam selebgram di sebuah hotel di Jakarta Selatan pada hari Senin, 22 April 2024, termasuk Chandrika Chika.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024