Logo BBC

Istri Jalan Maraton 100 Km demi Cari Tahu Nasib Suami

China, Li Wenzu
China, Li Wenzu
Sumber :
  • bbc

VIVA - Istri dari seorang pengacara hak asasi China memulai kampanye jalan kaki sejauh lebih dari 100 km untuk mencari jawaban atas nasib suaminya.

Li Wenzu, mulai Rabu (04/04), berjalan kaki dari Beijing ke Tianjin, yang diduga menjadi tempat penahanan suaminya, Wang Quanzhang.

Dia mengatakan kepada BBC bahwa dia tidak mendengar apa pun sejak suaminya ditangkap 2015 lalu atau sudah dua setengah tahun lebih, dan bahkan tidak tahu apakah dia masih hidup atau tidak.

Wang ditahan sejak Agustus 2015 dalam penggerebekan nasional yang menangkap lebih dari 200 pegiat hak asasi.

Para pegiat mengatakan `Pemberangusan 709` -begitulah sebutannya untuk merujuk tanggal penggerebekan pada 9 Juli- merupakan pertanda dari meningatknya intoleransi terhadap para pembangkang di bawah Presiden Xi Jinping.

Media milik pemerintah, Harian Rakyat, pada saat itu menyebut para tahanan terkemuka adalah `sekelompok penjagat yang secara serius mengganggu ketertiban sosial`.

Dengan berjalan kaki selama 12 hari, Li ingin mendesak pihak berwenang agar memberi penjelasan tentang yang terjadi pada suaminya. Satu-satunya yang diketahui adalah bahwa Wang ditahan.