Debat Calon Presiden 2009

Aviliani: Moderator Tak Boleh Cecar Capres

VIVAnews - Moderator Debat Calon Presiden pada 25 Juni 2009, Aviliani, mengaku sebenarnya ingin mencecar jawaban calon presiden. Namun Aviliani terganjal aturan yang telah disepakati Komisi Pemilihan Umum dengan tim kampanye calon presiden.

"Sebenarnya KPU awalnya memberi peluang bagi moderator mendebat, tapi yang tidak setuju tim sukses," kata Aviliani yang ditemui di Komunitas Salihara, Jakarta Selatan, Jumat 26 Juni 2009.

Tim sukses menolak karena khawatir yang didebat hanya salah satu calon presiden saja. "Akhirnya disepakati tidak boleh mendebat," ujar ekonom dari Universitas Indonesia itu.

Namun Aviliani tak hilang akal. Aviliani lalu menyelipkan pertanyaannya dengan angka dan data. Namun jawaban yang diperoleh Aviliani dari para calon presiden mengecewakan. Jawaban para capres tidak disertai ukuran atau target angka tertentu misalnya seperti masalah subsidi bahan bakar minyak.

Selain itu, Aviliani mengakui tidak terbangun perdebatan antarcalon presiden. "Mungkin karena budaya ketimuran, jadi mereka takut dianggap mencecar salah satu kandidat oleh masyarakat," katanya.

arfi.bambani@vivanews.com

Golkar Terbuka Jika Jokowi-Gibran Mau Gabung: Amin, Kami Anggap Doa
VIVA Militer: Kapuspen TNI Mayjen TNI Nugraha Gumilar

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Dua orang anggota TNI tersambar petir di depan kawasan Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. Hal itu diungkap Kepala Pusat Penerangan TNI, Mayjen Nugraha Gumilar.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024