Lippo Karawaci Ingin Terbitkan REITs Domestik

VIVAnews - PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR) berharap dapat menerbitkan Real Estate Investment Trusts (REITs) di bursa Indonesia.

"Keinginan untuk meluncurkan REITs di Indonesia sebenarnya sangat besar," kata Direktur Lippo Karawaci, Ketut B Wijaya, pada acara Investor Day di gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Selasa 12 Mei 2009.

Menurut dia, penerbitan REITs di dalam negeri berpotensi meningkatkan nilai pasar properti di Indonesia. Alasan perseroan menerbitkan REITs di bursa Singapura saat itu karena aspek legal dan institusinya lengkap.

"Banyak hal yang perlu disiapkan. Di Singapura ada undang-undang terkait REITs, sedangkan di sini (Indonesia) belum ada," ujar dia.

Dalam pandangan dia, penerbitan REITs kurang tepat jika mengacu pada Undang-Undang tentang Perseroan Terbatas. Untuk itu pemerintah perlu membuat undang-undang mengenai instrumen investasi tersebut di Indonesia.

"Kalau ini (UU terkait REITs) dibuat, akan banyak investor yang tertarik," ujarnya. 

REITs adalah instrumen investasi berupa surat berharga yang dapat dibeli oleh investor dari perusahaan real estat yang menerbitkan REITs. Salah satu keunggulan REITs adalah perlakuan khusus perpajakan. Pada sejumlah negara, instrumen REITs bebas pajak penghasilan.

Jangan Asal Pilih Lensa Kontak, Bisa Sebabkan 5 Masalah Serius Ini
PKS sambangi PKB malam ini

Usai Nasdem, Presiden PKS Ahmad Syaikhu Sambangi Cak Imin di Markas PKB

Elite Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tiba di kantor DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) pada Kamis 25 April 2024 malam

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024