Facebook Haramkan Iklan Bitcoin

Bitcoin.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – Facebook telah melarang semua iklan mata yang digital, termasuk iklan Bitcoin dan penawaran pembelian mata uang digital atau dikenal Initial Coin Offering. Alasannya, iklan mata uang digital seringkali berpotensi membawa informasi menyesatkan.

6 Tips Dasar Bermain Cryptocurrency

Dalam pengumumannya di blog perusahaan, dikutip Rau 31 Januari 2018, Direktur Manajemen Produk Facebook, Rob Leathern menegaskan, platform tersebut akan membersihkan iklan produk dan layanan finansial yang seringkali dikaitkan dengan praktik promosi menyesatkan dan menipu. 

Dia menegaskan, keputusan melarang iklan Bitcoin dan kawan-kawan itu tidak permanen. Situs media sosial populer ini terbuka untuk meninjau ulang aturannya di kemudian hari, sesuai dengan dinamika. 

Nilai Aset Bitcoin Sentuh Rp 1 Miliar, Investor Diminta Lakukan Riset dengan Teliti

"Kami ingin orang terus menemukan dan mempelajari produk dan layanan baru melalui iklan Facebook tanpa takut dengan penipuan atau penyesatan,” jelasnya. 

Leathern mengatakan, pelarangan ini dikeluarkan setelah Facebook mengendus ada banyak perusahaan yang mengiklankan mata uang digital, ICO, tapi perusahaan tersebut tak beritikad baik. 

Terpopuler: Ruko di Medan Tambang Bitcoin, Banggar Ultimatum APBN Bengkak untuk IKN

Pelarangan iklan itu telah berjalan di Facebook, Instagram, Audience Network jaringan aplikasi dan situs web di luar Facebook yang menampilkan iklan Facebook di dalam kontennya.

"Kami akan meninjau ulang kebijakan ini dan bagaimana kami menegakkan itu sebagai sebagai peningkatan komitmen kami," jelas Leathern. 

Dalam pengumumannya, Leathern mengatakan, Facebook menjunjung tinggi dua prinsip nilai dalam iklan. Pertama, iklan harus aman untuk diakses oleh pengguna, prinsip kedua iklan yang menyesatkan dan menipu tidak mendapatkan tempat di platform ini. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya