Butuh Seminggu Perbaiki Jalur Puncak dari Bencana Longsor

Jalur puncak dari Gadog ditutup sementara akibat longsor.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ayatullah Humaeni

VIVA – Bencana longsor di kawasan Puncak Bogor terjadi pada Senin 5 Februari 2018. Sebanyak enam orang menjadi korban dan satu di antaranya dinyatakan meninggal dunia.

Pemkab Garut Berlakukan Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi Selama 14 Hari

Kejadian itu membuat akses lalu lintas dari kedua arah, Cianjur-Puncak-Gadog dan sebaliknya menjadi tertutup sepenuhnya. Seluruh kendaraan pun terpaksa dialihkan melalui jalur Jonggol dan Sukabumi.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mengatakan dalam mengevakuasi jalur puncak agar bisa segera dilalui, pihaknya akan melakukan proses perbaikan bukit longsor dengan membuat terasering.

Ibu dan Dua Anak Tertimbun Longsor di Garut, Petugas Kesulitan Lakukan Evakuasi

Menurut dia, proses pengupasan bukit tersebut diperkirakan memakan waktu selama satu minggu ke depan. Adapun jalan utama akan digeser sambil petugas membenahi jalan di bawahnya.

"Kita akan kupas seminggu dan membuat terasering di lokasi yang longsor. Jalan akan kami geser sambil mengerjakan di bawahnya. Ini penting karena ini jalur utama dan kita tak ingin menutup lama jalan ini," jelas Basuki di lokasi longsor puncak dikutip dari tvOne, Selasa 6 Februari 2018.

Viral Detik-detik Pria Selamat dari Timbunan Tanah Longsor, Telat Sedikit Nyawa Tak Tertolong

Ia mengungkapkan, longsor terjadi karena tata ruang di kawasan puncak sudah berubah fungsi, terlebih sekarang banyak dipakai sebagai pemukiman. Ke depan ini akan dibenahi sesuai arahan dari Sidang Kabinet.

Sebelumnya diberitakan, longsor terjadi di empat titik secara bersamaan di Kawasan Puncak, Bogor. Atas kejadian tersebut jalur utama wisata di Jawa Barat tersebut ditutup hingga pagi ini.

Kasat Lantas Polres Bogor, AKP Hasby Ristama mengatakan, saat ini proses evakuasi korban masih dilanjutkan. Khususnya di daerah riung gunung yang disinyalir masih terdapat korban yang tertimpa longsor. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya