Facebook Jadi Media Sosial Orang Tua, Kenapa?

Facebook.
Sumber :
  • REUTERS/Dado Ruvic

VIVA – Facebook menjadi media sosial orang tua kini makin menjadi kenyataan. Media sosial besutan Mark Zuckerberg itu kini makin tak diminati oleh remaja masa kini. 

Taliban Plans to Block Facebook Access in Afghanistan

Temuan dari firma riset pasar eMarketer menunjukkan, pengguna remaja meninggalkan Facebook lebih cepat dari perkiraan firma tersebut. Sebaliknya saat remaja tak mau menggunakan Facebook, kalangan orang tua malah makin menyukai Facebook. 

Sebelumnya, eMarketer memprediksikan Facebook bakal ditinggalkan setidaknya 2 juta pengguna usia 24 tahun dan lebih muda pada 2018. Namun prediksi itu meleset. 

Taliban Akan Blokir Akses Facebook di Afghanistan

"Tahun ini, untuk pertama kalinya, kurang dari setengah pengguna internet muda AS dari usia 12 sampai 17 akan menggunakan Facebook pada perangkat apa pun yang mereka, setidaknya sekali per bulan," tulis eMarketer dalam laporannya di blog perusahaan dikutip PCMag, Selasa 13 Februari 2018. 

Menurut analisis firma tersebut, untuk pasar Amerika Serikat Facebook akan terus tumbuh, dan yang menggerakkan pertumbuhan itu adalah kalangan orang tua. 

Puluhan Pelaku Kejahatan Diciduk Polres Depok, 2 di Antaranya Tega Bacok Korban

Facebook.

Untuk tahun ini, Facebook diperkirakan akan memiliki 169,5 juta pengguna di Amerika Serikat, naik kurang dari 1 persen dari 2017. Namun pada saat yang sama, jumlah pengguna Facebook di AS yang berusia 11 dan lebih muda diperkirakan anjlok sampai 9,3 persen. Sedangkan pengguna Facebook di AS berusia 12 sampai 17 tahun, akan menurun 5,6 persen, untuk pengguna berusia 18 sampai 24 tahun juga trennya diperkirakan senada, turun 5,8 persen. 

Belakangan ini, Facebook memang memulai menargetkan pengguna muda. Media sosial itu merilis Messenger Kids, aplikasi pertama yang spesial untuk anak-anak. Namun dalam perkembangannya, aplikasi khusus anak-anak ini dikritik keras oleh pemerhati anak. Facebook dituding memanfaatkan Messenger Kids untuk mengolah data perkembangan kesehatan anak-anak.

Firma tersebut menuturkan, pengguna remaja dan muda Facebook tidak semuanya beralih ke Instagram. 

"Tidak semua pengguna Facebook (terutama muda dan remaja) bermigrasi ke Instagram," tulis eMarketer.

Instagram.

Sedangkan media sosial lain milik Facebook, Instagram, diperkirakan akan makin muda. eMarketer memprediksikan pada tahun ini, Instagram akan mendapatkan tambahan 1,6 juta pengguna usia 24 tahun dan lebih muda. Pada 2018, diperkirakan pengguna Instagram bisa melonjak 13,1 persen menjadi 104,7 juta pengguna. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya