Penumpang Kereta Liburan Imlek Tahun Ini Naik

Kereta Api Indonesia
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irsan Mulyadi

VIVA – PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 1 Jakarta mengoperasikan delapan KA tambahan, guna mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur panjang perayaan Imlek yang jatuh pada Jumat besok, 16 Februari 2018. 

Viral Pengunjung Mal Padati Perayaan Imlek di Bandung

Kereta tambahan tersebut berangkat dari Stasiun Gambir. Yaitu, empat KA Argo Parahyangan tujuan Bandung, KA Argo Dwipangga Fakultatif dan KA Argo Lawu Fakultatif tujuan Solo, KA Argo Jati Tambahan dan KA Cirebon Ekspres Fakultatif tujuan Cirebon.

Dengan tambahan tersebut, selama libur Imlek sebanyak 61 kereta dioperasikan. 53 KA lainnya ada KA reguler, yang terdiri 28 KA Reguler pemberangkatan Stasiun Gambir dan 25 KA Reguler pemberangkatan Stasiun Pasar Senen. 

Bikin Imlek Penuh Keberuntungan dengan 9 Bunga dan Tanaman Ini

Humas PT KAI Daerah Operasi 1 Jakarta, Edy Kuswoyo mengungkapkan, berdasarkan data KAI, total volume penumpang pemberangkatan dari Jakarta dari 14-18 Februari tercatat sebanyak 124.449 penumpang. Dengan rincian, 71.488 penumpang yang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 52.961 penumpang yang diberangkatkan dari Stasiun Gambir. 

"Jumlah ini meningkat 13,5 persen, jika dibandingkan dengan total volume penumpang pada libur Tahun Baru Imlek 2017, dengan periode yang sama sebanyak 109.578 penumpang," ujar Edy dikutip dari keterangannya, Rabu 14 Februari 2018. 

BRI Jalin Sinergi dengan KAI dan dalam Fasilitas Notional Pooling

Sedangkan volume tertinggi pemberangkatan terjadi pada besok Kamis. Di Stasiun Senen, akan memberangkatkan 18.314 penumpang. Jumlah itu turun 1,2 persen dibandingkan dengan 2017, sebanyak 18.535 penumpang. 

Lalu, keberangkatan dari Stasiun Gambir pada tahun ini mencapai sebanyak 15.460 penumpang atau naik 13 persen, jika dibandingkan dengan tahun 2017, sebanyak 13.679 penumpang. 

Dia pun mengingatkan, sisa tempat duduk akan selalu berubah dalam hitungan detik, karena telah menggunakan sistem online tikecting. Pengguna jasa KA bisa melihat ketersediaan tempat duduk langsung melalui aplikasi KAI Access, website tiket.kereta-api.co.id atau melalui chanel-chanel eksternal lainnya. 

"Untuk kenyamanan pengguna jasa KA, agar menghindari membeli tiket dari penawaran jasa perorangan yang akan merugikan konsumen, pastikan reservasi melalui agen atau chanel-chanel resmi yang bekerja sama dengan PT KAI," tambahnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya