Menteri Basuki Ungkap Penghambat Program Sejuta Rumah Jokowi

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono
Sumber :
  • Arrijal Rachman/VIVA.co.id.

VIVA – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengaku dari 2015 hingga 2017 lalu program sejuta rumah tidak mencapai target. 

Bos BTN Tegaskan Kolaborasi dengan REI Bukan Sekadar Bisnis Semata

Namun, menurutnya, realisasi pengerjaannya selalu meningkat. Hal tersebut yang menjadi dasar pemerintah tidak menurunkan target tersebut. 

"906 ribu dari 2015 sekitar 600 (terealisasi), 2016 sekitar 800 ribu, 2017 906 ribu dan 2018 pastinya harus lebih naik, kalau tidak berarti kinerja kita turun," ungkap Basuki di kantornya, Senin 19 Februari 2018.

JICA, BCA dan Citi Suntik BTN Rp1,4 T untuk Program Satu Juta Rumah

Menurut Basuki, ada tiga tantangan yang terus dihadapi kementeriannya dari tahun ke tahun sehingga tak capai target. Tantangan itu adalah soal harga tanah, birokrasi perizinan, dan penganggaran.

"Harga tanah yang tinggi terutama di perkotaan. Birokrasi perizinan ini juga menjadi kendala yang tidak ringan karena perizinan di kabupaten kota bervariasi. Ada yang bisa harian tahunan jam-jaman. Lalu penganggaran," papar Basuki.

PUPR: Program Sejuta Rumah 2021 Terealisasi 1.105.707 Unit

Karena itu menurut Basuki pihaknya telah melakukan kerja sama dengan berbagai pihak untuk menyelesaikan hambatan tersebut. Salah satunya adalah dengan menggandeng Asosiasi Realestat Indonesia (REI).

"Kerja sama dengan asosiasi seperti REI dorong tidak hanya rumah untuk non MBR (Masyarakat  Berpenghasilan Rendah) tapi juga MBR. Bantuan REI sudah lebih 200 ribu target 2018 untuk MBR," jelas Basuki. (ren)

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono

Kata Menteri Basuki soal Program 3 Juta Rumah Prabowo-Gibran

Program 3 juta rumah menjadi salah program yang dicanangkan oleh pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

img_title
VIVA.co.id
14 Maret 2024