Kaukus Antikorupsi DPD Gabung Aksi 9 Desember

VIVAnews - Anggota-anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang menamakan diri Kaukus Anti-Korupsi DPD akan berbaur dengan massa aksi Gerakan Indonesia Bersih (GIB) hari ini, Rabu 9 Desember 2009 pukul 12.00. Mereka bergabung di Bundaran Hotel Indonesia (HI) dan Monumen Nasional (Monas) Jakarta.

"Kaukus Anti-Korupsi DPD bersifat individual, tidak melibatkan lembaga (DPD)," kata I Wayan Sudirta (anggota DPD asal Bali) yang memimpin rapat Kaukus Anti-Korupsi DPD di lantai 3 Gedung DPD Kompleks Parlemen, Senayan—Jakarta, Senin lalu. "Namanya saja kaukus.”

Seperti dilansir laman DPD, Kaukus Anti-Korupsi DPD akan dideklarasikan hari Rabu pagi tanggal 9 Desember 2009, bertepatan dengan Hari Anti-Korupsi Sedunia, sebelum mereka bergabung dengan aksi GIB. “Bukan mengeramatkan, tapi tanggal 9 Desember bermakna luar biasa bagi orang-orang yang anti-korupsi,” ujar Wayan.

Laode Ida (Sulawesi Tenggara) menambahkan, Kaukus Anti-Korupsi DPD memiliki tugas-tugas khusus di bidang pemberantasan korupsi. “Maukah kita turun ke jalan tanggal 9 besok bergabung bersama kekuatan sosial lainnya,” ujar dia, yang menghadiri acara bukan sebagai Wakil Ketua DPD.

Sebelumnya, ia menekankan jangan mengatasnamakan aksi dengan lembaga, meskipun mereka adalah anggota-anggota DPD. “Substansi aksi kita mengarah kepada pemberantasan korupsi yang sesungguhnya. Kembali ke jalan aktivistik,” tambahnya.

Acara Kaukus Anti-Korupsi DPD sekaligus memilih pengurus formaturnya, diketuai I Wayan Sudirta (Bali) dengan wakil-wakil ketua Dani Anwar (DKI Jakarta) dan Juniwati T Masjchum Sofwan (Jambi); Sekretaris Tellie Gozelie (Bangka Belitung) dengan wakil-wakil sekretaris Sarah Lery Mboeik (Nusa Tenggara Timur) dan Percha Leanpuri (Sumatera Selatan); Bendahara Rahmat Shah (Sumatera Utara) dengan wakil-wakil bendahara Aryanthi Baramuli Putri (Sulawesi Utara) dan Luther Kombong (Kalimantan Timur). Formatur lainnya, Muhammad Syukur (Jambi), Anang Prihantoro (Lampung) dan Nurmawati Dewi Bantilan (Sulawesi Tengah).

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes
PLN Lampung tambah 2 SPKLU di tol Trans Sumatera.

Penggunaan SPKLU di Jakarta Naik Tiga Kali Lipat Selama Periode Lebaran

Penggunaan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) yang dikelola oleh PT PLN (Persero) Unit Induk Distribusi (UID) Jakarta meningkat selama periode Lebaran 2024

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024