Makam Gus Dur Dikelola Keluarga

SURABAYA POST - Meskipun Kiai Haji Abdurahman Wahid alias Gus Dur mantan Presiden RI, namun makamnya di Pondok Pesantren Tebuireng Kecamatan Diwek Kabupaten Jombang tetap terbuka untuk umum dan semua kalangan.

Keluarga Gus Dur tidak akan mengizinkan makam tersebut dikelola oleh negara. Keluarga takut jika makam itu dikelola negara, akan ada pembatasan dalam berziarah. Makam mantan Ketua Nahdlatul Ulama itu harus tetap terbuka untuk rakyat selamanya.

Hal itu dikatakan Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, KH Salahudin Wahid alias Gus Solah, Sabtu 2 Januari 2009. Menurut adik kandung Gus Dur ini, meski di makam keluarganya ada jasad mantan presiden, namun aturan lama yang berlaku di kompleks makam keluarga tersebut tetap berlaku seperti biasa yakni, pengunjung masih tetap diperbolehkan melakukan ziarah ke makam tersebut tanpa melihat status, jabatan, dan golongan.

”Tidak akan ada pembatasan, karena Gus Dur sudah menjadi milik rakyat Indonesia,” kata Gus Solah ketika disinggung rencana ke depan tentang pengelolaan makam Gus Dur.

Selain Gus Dur, di area makam itu juga bersemayam jasad pendiri NU, Hasyim Asyari, dan ayahanda Gus Dur, KH Abdul Wahid Hasyim. “Kompleks pemakaman ini usianya hampir 60 tahun,” kata H Lukman, salah satu pengurus Ponpes Tebuireng.

Laporan Bambang Sujarwanto

Meninggalnya Babe Cabita Ternyata Bikin Para Sahabat Iri, Kok Bisa?
Drama Crash

Drama Korea Crash Akan Tayang Perdana di Disney+ Hotstar pada 13 Mei 2024

Sebuah gebrakan baru dalam dunia hiburan akan segera hadir dengan kehadiran drama Korea yang menarik perhatian berjudul Crash. Drama ini akan tayang perdana pada 13 Mei.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024