Stres Pengaruhi Kesehatan Gigi

VIVAnews - Stres bisa jadi menjadi salah satu pemicu gangguan kesehatan gigi. Para ahli dari Universitas Zurich Switzerland menemukan kaitan mengejutkan antara kesehatan gigi dan mental.

Seperti dikutip Genius Beauty, penelitian dilakukan terhadap 50 siswa yang terbagi dalam dua kelompok. Sebanyak 25 siswa yang tengah mengikuti ujian sekolah masuk dalam kelompok pertama, sedangkan sisanya yang hanya mengikuti kelas reguler masuk dalam kelompok kedua.

Siswa yang mengikuti ujian dianggap memiliki tingkat stres yang lebih tinggi. Dalam kondisi itu, seluruh siswa dalam kelompok ini ternyata memiliki potensi gigi berlubang yang jauh lebih besar. Mereka juga memiliki kualitas kesehatan gusi yang buruk.

Sementara, siswa yang hanya memengikuti kelas reguler dengan asumsi tak stres, memiliki kondisi kesehatan gigi dan gusi yang jauh lebih baik.

Hasil penelitian itu mengungkap bahwa ketika seseorang stres akan menimbulkan efek cengkeraman yang kuat pada gigi. Kondisi inilah yang kemudian memicu efek negatif pada kesehatan gigi dan gusi.

Kaesang: Walaupun PSI Belum Bisa Masuk Senayan, Enggak Masalah
Ilustrasi video mesum

Geger Video Mesum Napi Narkoba dengan Wanita di Ruangan Lapas, Lagi Diusut Kemenkumham

Sebuah video diduga warga binaan atau narapidana di sebuah lembaga pemasyarakatan (lapas) merekam adegan mesum bersama seorang perempuan di sebuah ruangan lapas. 

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024