Wakil Menteri PU: Kanci-Pejagan Siap Operasi

VIVAnews - Departemen Pekerjaan Umum menilai pembangunan tol Kanci - Pejagan sepanjang 35 kilometer secara fisik sudah selesai dan siap beroperasi secara resmi.

"Setelah bekerja sama dengan Departemen Perhubungan dalam melaksanakan Uji Layak Operasi (ULO) Tol Kanci - Pejagan kami akan memberikan rekomendasi ke Menteri PU," kata Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak melalui siaran pers yang diterima VIVAnews di Jakarta, Minggu, 3 Desember 2009.

Menurut Hermanto yang masih merangkap sebagai Dirjen Bina Marga Departemen PU, setelah semua catatan ULO dipenuhi PT Bakrie Toll Road (BTR) selaku operator tol Kanci - Pejagan, pemerintah melalui Menteri PU akan menetapkan ruas tersebut secara resmi sebagai jalan tol.
   
Dia mengakui, Ditjen Perhubungan Darat Departemen Perhubungan dan Ditjen Bina Marga Departemen PU bekerja dalam satu tim telah melihat kelaikan fungsi jalan tol Kanci-Pejagan sebelum dibuka untuk publik.
  
Setelah melihat secara langsung, Hermanto menambahkan, tim lintas departemen tersebut melaporkan bahwa progres fisik pekerjaan Tol Kanci-Pejagan jalur utama yang dilaksanakan PT Adhi Karya sudah selesai seluruhnya.

Kendati demikian, dia mengatakan hanya sebagian kecil saja dan tidak signifikan yang masih mesti diselesaikan, seperti simpang susun Pejagan dan Overpass (jalan layang) Kramat Sampang bagian dari Tol Kanci Pejagan yang masih dalam perbaikan bersifat minor.

Di tempat terpisah, Direktur Utama Bakrie Toll Road Harya Mitra Hidayat menghaturkan rasa terima kasihnya atas dukungan dan masukan dari Departemen PU. BTR, kata dia, akan segera menyelesaikan beberapa catatan yang telah disampaikan tim pelaksana ULO, sehingga tol Kanci-Pejagan dapat segera beroperasi.
 
"Rekomendasi tim dari lintas departemen itu akan kami upayakan selesai dalam waktu singkat, sehingga jalan tol ini bisa beroperasi secepatnya," ujar Harya.
  
Harya optimistis, ruas tol tersebut bisa dibuka secara resmi untuk publik sebelum berakhirnya masa kerja 100 hari Menteri PU.

antique.putra@vivanews.com

Yandri Klaim Seluruh DPW dan DPD PAN Ingin Zulhas Kembali Ketua Umum
Syifa Hadju

Hubungannya Diduga Retak karena Orang Ketiga, Begini Kata Syifa Hadju Soal Perselingkuhan

Menurut Syifa Hadju, setiap orang dalam sebuah hubungan pasti akan belajar menerima kekurangan pasangan masing-masing.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024